orang belajar pasti ingin bisa, kalau orang belajar hanya ingin tahu, tu orang yang rugi. Untuk bisa maka dia harus mendatangi orangnya, sebab dengan mendatangi orangnya tidak hanya sekedar tahu kita akan mudah paham. Beda antara tahu dan beda antara paham. Maka sebenarnya berkah guru atau berkah kita mendatangi guru yang ahli adalalah karena yang kita dapat kefahamannya , bisa jadi tahunya sedikit tapi karena fahamnya mendalam maka dia akan dapat sari pati dari ilmu yang dimiliki guru tesebut.

Cara belajar dengan mendatangi ahlinya, akan memberikan akselerasi atau percepatan terhadap penguasan pada suatu ilmu. Okelah mungkin kita tidak perlu ke guru bisa saja kita belajar melalui internet, melalui google atau melalui youtube dan lainnya tapi proses belajarnya akan makan waktu yang lama. Saya belajar dengan guru tidak dengan internet, internet hanya sebagai prolog saja karena saya kenal dari internet, tapi saya rajin mendatangi guru saya untuk sekedar ha ha hi hi… tapi sikap menuntut ilmu itu ada meski saya hanya sebagai sopirnya, meski saya sebagai pelayannya.

Guru saya yang pertama mengajarkan kepada saya agar mencari berkah guru dan jangan pernah suudzan dengan guru, karena keberkahan guru akan hilang, wejangan guru saya yang pertama ini saya pegang kuat hingga saya belajar kepada guru guru saya berikutnya. Dan ketika belajar nampaknya hanya ha ha hi hi tapi Allah memberikan pemahaman pemahaman inti yang kadang tidak disampaikan guru. Nah inilah cara gila belajar suatu ilmu.

tertnyata tidak hanya pada Ilmu agama saja, ilmu ilmu seperti psiklogi, ilmu penelitian dan lainnya kita sebaiknya ketemu dengan ahlinya, ya tentunya dengan jalan mengikuti workshopnya mengikuti pelatihan yang ia selenggarakan. Dan saya suka mengikuti pelatihan atau workshop yang memang di asuh oleh ahlinya dan tunggal bukan rombongan, sebab kalau pembicaranya lebih dari satu akan bias.

baik selamat belajar kepada ahlinya dan lihat hasilnya.