dua orang itu adalah

  1. orang tua
  2. guru spiritual

yang pertama karena dia kita ada, jasad kita ruh kita menyatu karena dia. Orang tua menjadikan kita ada. maka sebagai tangan Allah atau wakil Allah atas keberadaan kita maka mereka kedua orang tua kita harus kita hormati, dan tidak boleh kita lawan.

yang kedua adalah guru spiritual. Guru spiritual ini adalah seseorang yang memperkenalkan kita ke Allah, mengajak kita ke Allah dan menerangi hidup kita dengan pendekatan pendekatan kepada Allah. Guru spiritual ini kadang samar, dia menyamar sebagai sahabat, sebagai kawan, atau bahkan menyamar sebagai bawahan kita. Guru spiritual harus kita hormati apapun yang menjadi kelakuannya kepada kita mereka harus tetap dihormati. kalau kita tidak senang dengan tingkah lakunya kita harus diam, jangan melawan, apalagi mengolok olok meski beliau tidak tahu.

Begitu besar peran guru spiritual dan orang tua ini maka Allah memberikan suatu penghargaan yang luar biasa kepadanya. Allah tidak ridlo jika keduanya tidak ridlo.

bahaya melawan atau membenci guru spiritual maka ajarannya juga akan kita benci, nah kebenaran hanya satu jika kita membenci kebenaran yang hanya satu tersebut terus kebenaran apa lagi yang akan kita gunakan. pasti kita akan menghindar kebenaran yang satu dan otomatis kita akan tersesat.

guru spiritual dan orang tua yang harus kita hormati