Articles from October 9, 2018

Kandasnya hubungan murid dan guru di perguruan tauhid

yang bikin kandas karena dua duanya memiliki ego, atau salah satu memiliki ego. Padahal pelajaran yang di sampaikan adalah menghilangkan ego. Sejarah pendahulu banyak yang membuktikan ini, bahkan seorang guru saking muridnya kurang ajarnya kelewatan mengeluarkan kata kata yang menunjukkan ketidak ridhoan. kegagalan perguruan tauhid adalah mendidik muridnya untuk menghormati gurunya, permasalahan ini memang pelik. Sulit dikatakan, lebih lebih sulit untuk di ajarkan kepada murid. Sebab yang menjadi objek penghormatan adalah si guru tersebut. Tapi jika ini tidak diajarkan kepada murid maka kemalangan bagi murid itu sendiri. Guru kadang bingung dan mencari cara bagaimana agar si murid faham tentang hal ini. Sebab bila salah menyampaikan guru sendiri yang akan menjadi sasaran hujatan … guru kok minta di hormati, guru egois, gurunya ego spiritualnya tinggi… dan cercaan lain. Pada tahap ini guru serba salah. Paling guru hanya diam …. menyaksikan suatu kesalahan dirinya yang telah mengajarkan kepada murid untuk menghormati guru tersebut yang berdampak kepada salah faham si murid bahwa dirinya sang guru gila hormat.

Paling sang guru pun akhirnya mengambil hikmah ini semua, bahwa Allah mengajarkan tidak ada yang kau miliki termasuk muridmu, kamu harus Nol. Mendengar Penjelasan dari Tuhan nya, sang guru akhirnya lega dan mengambalikan semua kepada Allah. Tapi lagi lagi sang guru kepikiran lagi … bagaimana cara mendidik  agar muridnya tidak salah persepsi bahwa menghormati guru itu bagian dari pelajaran dan adab yang harus di jaga. Sang guru melihat jika di pondok pesntren muridnya adalah masih anak anak jadi mudah di arahkan, lah.. di perguruan tauhid ini muridnya banyak lebih tua…. bagaimana menanamkan ini, ya kembali beliau merenung memohon pencerahan dari Tuhannya berkaitan dengan masalah ini.

Hingga pada suatu malam, di tengah berdzikir sang guru mendapat pelajaran yang sangat berharga. Pelajaran itu pastinya datang dari Tuhannya.

  1. Pelajaran adab dengan guru itu pelajaran adab tingkat tinggi, kalau dengan guru saja tidak beradab bagaimana dengan Rasulullah dan kepada ALlah, karena guru adalah yang paling nyata dan paling dekat dengan si murid
  2. Cara penyampaiannya tidak dengan teori di kelas atau diskusi atau tanya jawab, tapi dengan aplikasi pengenolan sang guru. Kalau gurunya nggak nol dan masih ada rasa “kemampuan” maka pelajaran ini tidak akan bisa tersampaikan.
  3. Dan yang menjadi pelajaran bagi guru itu sendiri adalah bahwa , Guru tersebut diberitahu Allah bagaimana cara mengenolkan.
  4. kemudian guru diajarkan bagaimana menerapkan atau mengajarkan hal itu kepada murid dengan jalan spiritual bukan di kelas

Nampaknya ini yang menjadi solusi bagi masalah guru tentang bagaimana mendidik muridnya untuk memiliki adab dengan guru. Tidak di kelas tapi dengan sikap berspiritual yang benar bagi guru itu sendiri. Dari sini sang gurupun merasa dirinya mendapat pelajaran sangat berharga dari kegagalannya mendidik muridnya untuk beradab dengan gurunya.

sang guru sebenarnya hanya berharap karena ilmu sudah masuk ke alam pikiran murid jangan sampai mengalami konflik. sebab apa yang di sampaikan guru adalah ilmu keTuhanan kalau ini sampai konflik maka murid akan kesulitan melalui ilmu yang sudah terlanjur masuk. Kalau si murid jengkel kepada guru maka sama saja ilmu yang sudah masuk dalam alam pikiran guru tersebut akan menjadi konflik. inilah yang tidak diinginkan guru tersebut. Hanya berbeda sedikit kebencian murid meluas ke alam pikiran nya. kebencian ini seperti virus yang menyerang bangunan yang sudah berdiri. Guru hanya bisa berdoa karena semua di luar kendali dan keinginan sambil dia memperbaiki diri dan mengevaluasi diri serta selalu memohon kepada Allah agar selalu dituntun baik dirinya maupun semua murid yang pernah belajar kepada Nya.

Fana itu berproses Bro, tidak mandeg

Fana itu berproses bahkan sudah fanapun tetap masih berproses. Quran saja menyebut dengan Wa man ahsanu minallahi sibghah, celupan itu berarti kita semakin masuk ke dalam untuk menyerap dan di celup kedalam alam ke Tuhanan. Pembukaan Fana mungkin kita memandang wooow.. tapi itu baru opening Bro… jangan berhenti terus menikmati keadaan itu terlalu lama…. nanti bisa berhenti shalat …. dalam keadaan itu kita harus selalu sadar Allah sehingga masih bisa berlanjut ke keadaan berikutnya. Rasulullah masih membaca tahlil? apa Beliau kurang fana ? pasti ke fanaan beliau melebihi siapapun. Beliau tetap membaca tahlil artinya beliau tetap nafi dan isbat, tetap menghilangkan dan mewujudkan , menghilangkan dan mewujudkan, demikian seterusnya. Dan Rasulullah menjajikan jika ada yang di akhir hayatnya masih berproses dengan kalimat tahlil maka masuk surga…..

Kalau ada pertanyaan kalau sudah fana kenapa masih shalat…. kalau sudah fana kenapa masih berdoa… kalau sudah  fana kenapa masih bersyukur kepada Allah, sekarang  mas Bro tahu jawabannya kan. Kalau sudah begini ilmu makrifat mana yang lebih tinggi antara satu dengan yang lain diantara kita… yah tidak ada yang tahu. Inilah asyiknya belajar ke Allah bersama kita di padepokan patrap. Kita tidak akan berhenti sampai nyawa ini dijemput malaikat izroil.

bagi yang belum bisa memasuki fana jangan berhenti belajar untuk fana. Pakai dzikir nafas metode yang paling mudah atau menggunakan patrap rumi . insya Allah nanti di pertemuan 4 nop 2018 akan saya kupas bagaimana agar mudah mencapai fana dengan dzikir nafas. Ndak usah wooow biasa saja, karena ini ilmu dasar yang harus kita kuasai. jangan anggap ilmu ini ilmu rahasia , ilmu tinggi, ilmu nya para wali…. ini adalah ilmu yang bisa di dapat bagi siapapun yang berminat dan ingin leih baik ibadahnya serta hidupnya. OK ya segara daftar sebelum quota terpenuhi. sampai jumpa di padepokan patrap

Ciri Khas pengajaran Padepokan Patrap

anda tertarik belajar di padepokan ? jika anda benar benar ingin bertemu dengan Alah, beribadah kepada Allah dan ingin menjadi khalifah Nya Allah maka pilihan anda tidak lah salah. Jadi jika ketiga kriteria tersebut tidak ada maka anda nanti tidak akan puas dengan pangajaran di padepokan patrap. ya semuanya saya kembalikan kepada anda lagi. kalau mau pilih menu 1 hanya sekedar bertemu Allah, itu Ok, tapi tentunya setelah anda bertemu, anda tidak akan melanjutkan lagi dan anda akan berhenti selanjutnya terserah anda, tidak ada ikatan apapun dari padepokan. yahh meski ini tidak recomended tapi semua terpulang kepada anda. Kalau saran saya ya belajar lengkap ketiga menu di lahap semua hal ini untuk menghindari hal hal negatif yang muncul.

belajar di padepokan menuntut anda untuk punya paket data… ha ha … sebab sistem yang saya jalankan untuk pengajaran adalah melalui internet, anda bisa belajar melalui solospiritislam.com youtube group WA atau di telegram. disitu anda harus haus atau seperti harimau lapar, anda harus lahap semua, sedot semua materi yang sudah saya berikan. dan setelah itu yang paling penting adalah anda mengamalkannya sebisanya. jika ada kesulitan silahkan ditanyakan di group , jangan japri saya sebab saya malas untuk jawab. Sebab kalau disampaikan di group akan segera direspon oleh kawan kawan dan saya, serta jawaban ini dapat dipelajari anggota lain. selain itu mau bertanya di group itu pelajaran pertama bagi anda untuk mengikis ego anda , tidak perlu malu, bertanya ya bertanya saja dengan cara yang baik.  jadi ciri khas belajar di padepokan patrap anda dituntut untuk aktif, bahkan super aktif. jangan menunggu pengajaran dari saya atau kawan lainnya, tapi coba explore sendiri dari praktek yang saya berikan.

Belajar di padepokan jangan baperan itu sangat dilarang sama Kang Opit sama Ki Sunan, belajar disini harus dewasa, saya saja baperan sedikit kena semprot sama beliau juga… apalagi anda yang baru belajar. niat kan hati dengan ihlas untuk belajar jangan mudah sakit hati… he he saya sering sakit hati …. tapi alhamdulillah selalu sadar jadi sedihnya tidak lama lama.

bayar nggak ? maharnya ? … halah gitu saja pakai nanya kalau mau infak, nyumbang atau sedekah silahkan itu ada bendahara pak Erwan …. rekening pak erwan berapa ya …. saya juga lupa … kalau anda merasakan manfaatnya biar ilmu anda afdhol maka saya sarankan untuk menginfakkan sebagian harta anda ke yayasan langsung ke bendahara … tidak ke saya …. jadilah pembelajar yang baik jangan mencuri ilmu, ijinlah sebagai basa basi dan bantulah yayasan agar kegiatan pembelajarannya lebih baik. Jujur saja uang itu penting, saat ini sedang membangun kamar untuk tamu yang belajar, habis banyak 50an juta …lah kenapa ini dibuat … ya fasilitas untuk jamaah masak , tidur di pendopo di mushalla… dingin bro…

Guru nya siapa sih ? pak Pur atau Allah… ini pertanyaan lebay… kata ki sunan saya tidak mau di panggil guru .. ya karena saya memang bukan guru tapi dosen… ha ha … bisa aja ki Sunan. Kalau cara maka berguru lah kepada saya dan kawan kawan yang lain, kalau petunjuk ke jalan yang lurus ya itu harus berguru kepada Allah… ok paham ? bagus gitu saja pakai bingung ..

apalagi ya… nah sanad nya bagaimana misalnya sanad dzikir nafas, anda bertanya sanad …. saya suruh anda keluar dari sini. wah galak banget ini… ya … memang galak…. apa sampeyan tidak percaya kepada guru saya yang ngajari saya ada 3 ustad muhammad beliau keturunan datuk kelampeyan banjarmasin, Ust Abu sangkan, dan Bp Haji slamet Utomo .. beliau berdua keturunan seorang wali yaitu mbah Mas Muhammad saleh…. masih mau tanya lagi …. sampai rasulullah nggak ? ha ha …. nek ora niat sinau golek o liyane wae

sebagai penutup, di padepokan kita semua adalah saudara, kita adalah sahabat. Bahkan kita semua adalah famili yang mengikatkan diri pada ikatan syahadah. … ingat padepokan patrap tidak ada mengikat apapun tidak ada kartu anggota disini… Cukup dengan tujuan yang sama kita adalah saudara. Saya adalah sahabat bapak ibu dan saudara demikian pula bapak ibu adalah sahabat saya.

yang kedua saya adalah manusia biasa , kadang postingannya atau tulisanya bikin panas, dan egois me spiritual nya keluar… ya itulah saya… dan saya mohon maaf jika ada yang kurang sesuai di hati (sebaiknya di masukkan ke kesadaran bukan ke hati, sebab kalau ke hati anda akan mudah sakit hati). Dan saya tegas beberapa kawan yang sudah terganggu dengan postingan saya terpaksa saya unfriend atau saya blokir hal ini saya lakukan untuk menghindari agar postingan saya tidak dapat terbaca dia lagi dan dia tidak terganggu…ingat tujuan saya baik jangan dianggap ini sebagai cemen penakut atau yang lain.

dah gitu saja ciri ciri khas pengajaran dan belajar di padepokan patrap. kalau ada pertanyaan silahkan jangan sungkan sungkan tapi jangan japri….