3 amalan bidah di bulan suci ramadhan

silahkan menilai apakah bidah yang saya sebut satu persatu dibawah ini termasuk bidah hasanah atau bidah tidak hasanah.

1. membaca quran model speed reading: ini terjadi hampir disetiap masjid dimana membaca dengan sangat cepat untuk memperoleh targer one day ane juz atau target lainnya. Yang jelas membaca model speed reading ini tidak dicontoh oleh Nabi SAW. apalagi perintah atau hadis yang menyebutkan ; bacalah quran dengan cara yang cepat….

2. Shalat tarweh (shalat rehat) yang dilakukan dengan sangat cepat, melebihi cepatnya shalat shalat biasa. Ini sangat ironi karena namanya saja shalat istirahat tapi melakukannya super cepat, tentunya ini menjadi bidah karena tidak dicontohkan Nabi dan para sahabat. Bahkan Nabi sebenarnya tidak memerintahkan untuk shalat tarweh berjamaah. lha monggo shalat tarweh model sekarang ini termasuk bidah hasanah atau tidak hasanah…

3. itikaf, itikaf ini ibadah yang sudah banyak melenceng dari arti itikaf sebenarnya. Banyak yang menambahi atau malah merubah ibadah itikaf ini. itikaf adalah diam, nah sekarang ini amalan itikaf banyak dirubah menjadi membaca quran, shalat malam, wiridan, bahkan pengajian di masjid bahkan yang paling parah itikaf disamakan dengan tidur di masjid… Itikaf adalah amalan sederhana yaitu hanya diam, tapi nggak tahu awalnya bagaimana bisa menjadi seperti keadaan ramadhan sekarang ini..

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

4 thoughts on “3 amalan bidah di bulan suci ramadhan

  1. Assalamualaikum Us Setiyo yang dihormati dan dikasihi. Terima kasih atas pencerahan. Perkara yang sama menjadi persoalan dalam benak kepala kakak. Allahummainni ‘alazikrika wasyukrika. wassalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *