3 tingkatan alasan orang menjalankan sholat

dalam kajian paradigma sholat saya membagi ada 3 tingkatan orang menjalankan sholat yang pertama:

1. ketika ditanya kenapa sholat jawabannya adalah karena perintah, karena wajib. ini adalah tingkatan paling rendah dia menjalankan karena Allah memaksa sehingga dia menjalankan dengan terpaksa, Allah mewajibkan sholat sehingga sholatnya adalah karena kewajiban . perilaku sholatnya pun asal kewajiban sudah tertunaikan, atau asal memenuhi syarat sahnya sholat… asal dah sholat sesuai fiqh ya sudah itu sudah cukup. sholatnya yang demikian tidak salah namun akan terasa kering dan hambar. sholatnya tidak bermakna dan tidak berdampak psikologis apa apa…. hanya kewajibannya yang sudah gugur.

2. tingkatan ini lebih tinggi yaitu dia sudah membutuhkan sholat/sudah memerlukan sholat. tingkatan ini , menggambarkan bahwa orang yang sholat sudah mengerti betul tentang hikmah hikmah sholat, manfaat sholat. dia tahu betul kenapa harus sujud, kenapa harus rukuk, kenpa membaca takbir kenapa membaca shalawat ketika tahiyat, sehingga dalam menjalankan sholat betul betul dijalankan dengan penuh keihlasan. sholat yang demikian akan berdampak secara psikologis dan fisik karena rukuknya ihlas tidak terpaksa, sujud nya ihlas tidak terpaksa… dan setersunya. dia menjalankan sudah tidak kewajiban lagi tapi kebutuhan bahwa dialah yang memerlukan sholat meski pun sifatnya wajib

3. tingkatan yang paling tinggi adalah tingkatan seperti yang rasulullah lakukan yaitu bahwa sholat adalah bentuk rasa syukur kepada Allah, sudah tidak pada taraf butuh apalagi terpaksa (wajib). menjalankan sholat dengan penuh rasa syukur kepada Allah. sholat sebagai sarana berterimakasih kepada Allah. sholat yang demikian lah sholat yang berakhlak, sholat nya orang yang tahu adab kepada Allah.

semoga kita digolongkan menjadi orang yang bersyukur dengan sholat kita amin.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

0 thoughts on “3 tingkatan alasan orang menjalankan sholat

  1. 1. Taat/ Patuh
    2. Ikhlas
    3. Syukur..

    Kalau semua bisa di lakukan dengan sepenuh hati dan diaplikasikan dalam kehidupan, kayaknya ga bakalan ada orang miskin ya pak..

  2. Ass.wr.wb
    ada tingkat yang lebih tinggi lagi dari 3 tingkatan itu, mas.. bukan karena kewajiban,kebutuhan, dan rasa syukur, tapi karena cinta. cinta kepada kekasih..namanya cinta. sedetik ngga ketemu,, setahun rasanya.
    wassalam,,

  3. salam kenal pak. mau tanya, kalau sholat berjamaah, saya sbg makmum, sedangkan imamnya tidak tumaninah, trus saya hrs bgmana? krn merasa rugi krn kwalitas sholatnya jadi rendah. trima kasih. wassalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *