abdi Allah bukan abdi ummat

kalau abdi Allah maka apapun yang diperintah Allah akan diikuti dan pasti akan mengarah kepada suatu yang positif, tapi kalau abdi umat apa apa yang dimau umat dia ikuti dan pasti akan membuat hidup “sakit hati”. seorang dai sebaiknya menetepkan hidupnya untuk abdi Allah bukan abdi ummat. Umat ini adalah sekumpulan manusia dan manusia adalah makhluk Allah. kalau seorang dai mengikuti makhluk bukan khalik bagaimana jadinya. Membina umat kok malah mengikuti umat. maka seorang dai juga seorang imam artinya dia harus menjadi panutan menjadi contoh untuk berjalan menuju kepada Allah.

Umat mengikuti Imam dan imam mengikuti makmum ???? yang terjadi nantinya seperti shalat berjamaah. yang pada akhirnya tidak menemukan kenikmatan shalat karena imam mengikuti makmum dengan mempercepat shalatnya … dengan alasan mengikuti keinginan makmum.

Lebih bahagia seorang dai menjadi abdi Allah karena hidupnya tidak terombang ambing mengikuti banyaknya pikiran umat, Seorang dai layaknya seorang Nabi (karena memang pewarisnya) yang hanya mengikuti Allah bukan mengikuti lainnya.

2 thoughts on “abdi Allah bukan abdi ummat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *