Al Isra 15: Semua atas petunjuk Allah

Petunjuk Allah apakah hanya perintah shalat, puasa baca shalawat atu berdzikir saja ? tidak. Kalau kita cermati perintah Allah di surat al Isra ayat 15 maka semua hal semua tindakan kita harus berdasarkan atas petunjuk Allah SWT. Jadi tidak hanya perintah yang bersifat ibadah saja tapi semua tindakan dari yang kecil sampai yang besar. Kita melihat duri di jalan atau melihat batu dijalan maka perintahnya adalah jelas , yaitu menyingkirkan. Bagaimana dengan kita melihat cucian piring di dapur? pasti perintah Allah sangat jelas yaitu cuci. Cuci piring ini di jalankan bukan karena takut istri, bukan karena tugas rumah, bukan karena kebersihan atau karena agar mudah untuk menggunakannya lagi tapi cuci piring ini dilakukan adalah menjalankan perintah Allah.

Memahami perintah Allah itu sangat mudah, tinggal segala sesuatu kita niatkan karena perintah Allah. Misalnya kita menyingkirkan batu di jalan, tinggal diniatkan karena perintah Allah, bukan karena kalau dibiarkan membahayakan pengendara. Maka disini sangat penting untuk selalu meng ON kan kesadaran kita kepada Allah. Dengan On ini ibarat lampu yang kita nyalakan sehingga sangat nampak apa apa yang Allah perintahkan kepada kita.

Setelah sadar Allah di On kan, selanjutnya adalah niat untuk menjalankan perintah Allah. Niat ini merupakan bentuk dasar ketakwaan kita kepada Allah untuk siap menjalankan perintah Allah.

sebenarnya ada rahasia untuk menjalankan perintah Allah dengan sempurna yaitu dengan keadaan FANA. Keadaan ini akan mem by pass pikiran dalam proses menjalankan perintah Allah. Sebab dalam menjalankan perintah Allah diperlukan sikap samikna wa athona yaitu suatu sikap dimana tidak ada proses berpikir dalam menjalankan semua perintah Allah. Misalnya melihat cucian piring kotor di dapur maka tanpa berpikir langsung bersihkan, jika berpikir maka akan tertunda atau tidak jadi menjalankan. Tapi keadaan FANA memang sulit dan harus dipelajari setiap hari. metode sudah saya susun yaitu di Dzikir nafas level 4 dan di patrap rumi. Sayapun sekarang masih terus berlatih, karena naik turun dan kadang tidak sadar kalau tidak fana.

Demikian lah tadarus surat al isra ayat 15, Bapak dan Ibu juga bisa mendapatkan pencerahan dari Allah tentang surat al isra ayat 15 tersebut.

 

One Response

  1. Rusnanto 31/07/2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.