alam suprasadar yang tidak di kaji di psikologi transpersonal

alam supra sadar atau super sadar ternyata dalam literatur psikologi transpersonal tidak saya temukan atau malah tidak di kaji, seperti tulisan dari Hendro Prabowo ( 2008) tentang SERI LATIHAN KESADARAN dalam bab nya yang berjudul Pengantar psikologi transpersonal menyebutkan bahwa ketika seseorang mengalami perubahan kesadaran (the altered states of consciouness) seseorang akan berubah kesadaran menjadi bawah sadar…

dalam kajian psikologi transpersonal islam yang saya kaji dan saya ajarkan kepada mahasiswa, bahwa perubahan kesadaran itu ada dua yaitu perubahan kesadaran yang mengarah pada bawah sadar dan ada yang mengarah pada supra sadar (super sadar). perubahan yang mengarah kepada bawah sadar misalnya dengan hipnosis, meditasi dengan objek yang dapat di persepsi, chaneling atau lainnya yang mengarah kepada isi dari memori memori yang dapat di persepsi, sedangkan perubahan kesadaran yang mengarah kepada kesadaran super adalah kesadaran dengan mengarahkan pikiran kepada hal hal yang tidak dapat dipersepsikan oleh pikiran dan objek itu adalah Tuhan yang tidak dapat disamakan dengan apapun.

nah dalam kajian kajian psikologi transpersonal memang objek kajiannya adalah objek yang jelas atau objek yang ada dalam pikirannya, sehingga ranah kajiannya tidak masuk ke alam supra sadar.

Allah sebagai objek yang tidak dapat dipikir objek yang tidak dipersepsi dan objek yang tidak dapat disamakan dengan apapun akan memberikan kesempatan kepada objek kesadaran untuk membebaskan diri dari belenggu alam pikiran sehingga kesadaran berubah (altered states of consciouness) mengarah pada alam supra sadar..

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

6 thoughts on “alam suprasadar yang tidak di kaji di psikologi transpersonal

  1. selamat menyambut idul fitri kami mendoakan semoga ustadz sekeluarga sehat sehingga selalu mau berbagi untuk mengapai ridha Allah. Disadarkan untuk sadar tapi belum juga sadar lalu apa guna sadar kalau hanya tidak mau sadar.

    • selamat pak Saiful , semoga kita menjadi lebih sadar pak,sesuai dengan hidayah Allah Amiin

  2. allah yang tidak dapat dipersepsikan, difikirkan dan disamakan dengan apa pun, sudah pasti dalam bantuk dzat atau batinnya,,

    tetapi allah itu juga Yang Dzahir,, kalau zahir sudah pasti dapat dipersepsikan, difikirkan dan dilihat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *