Allah Menghadapkan pada keadaan yang Pelik

jaman Rasulullah penuh dengan pertarungan hidup atau mati, keadaan yang dicontohkan nabi adalah keadaan ekstrim. Contoh ini agar umatnya dapat mengambil bagaimana cara para Nabi dan Rasul dapat survive dari keadaan tersebut. Survive dari keadaan yang sangat pelik, bahkan keadaan hidup atau mati.

Nabi Yusuf dengan kesadarannya kepada Allah ketika bersama siti zulaekah

Nabi Musa dengan ketaatannya kepada Allah, ketika di perintah Allah memukulkan tongkat ke laut  yang tidak masuk akal

Nabi Nuh yang dengan ketidak bisaannya namun tetap mengikuti perintah ALlah yaitu ketika diperintah membuat kapal di atas bukit.

Semua contoh solutif dari cerita para Nabi ini adalah contoh riil bagaimana agar kita dapat keluar dari masalah yang pelik dan seakan tidak mungkin terselesaikan.

Jadzab adalah istilah untuk keluar dari masalah dengan cara spiritual. Jadzab bukan tidak tanpa tujuan, jadzab adalah cara Allah agar kita dapat keluar dari masalah yang pelik , amanah yang berat hinggat beratnya tingkat dewa. jadzab sering di artikan sebagai sebuah maqom kedekatan dengan Tuhan, bagi saya tidak sekedar itu, jadzab adalah keadaan kedudukan dimana kita dapat menyelesaikan masalah dengan cara yang tidak masuk nalar. Perhatikan “cara” bukan hasil. Yang jadzab adalah cara nya bukan hasilnya. Allah memberikan cara pemecahan yang aneh bukan solusinya. Cara yang aneh ini jika kita jalankan maka kita akan dapat survive.

diantara kita tidak kuat dengan keadaan jadzab ini. ketika kuatan ini terletak pada kesabaran dan ketabahan dalam menjalaninya. Kemudian peran pikiran dan yang terutama adalah ego yang selalu menjadi hijab. Kalau mau menghilangkan jadzab syaratnya harus menghilangkan ego. ego yang kuat menyebabkan kita selalu berpikir dan selalu enggan untuk menjalankan perintah Allah yang berlawanan dengan ego tersebut.

hancurkan ego

hancurkan ego

dan hancurkan ego

Dengan lenyapnya ego maka cara Allah akan nampak nyata sehingga mudah untuk dijalankan. dengan menjalankan ini maka masalah kita akan selesai amanah atau masalah pelik akan terselesaikan.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.