apa yang terjadi di alam semesta ini adalah kehendak Allah, yang baik kah atau yang jelek kah itu semua kehendak Allah. orang sholeh itu adalah Allah yang berkehendak dan orang jahat pun Allah merupakan kehendak Allah. semua ada di tangan Allah. mungkin kita akan bertanya … “mengapa yang jahatpun dari Allah, bukannya dari syetan?” , pertanyaan lainnya ..”terus usaha manusia dimana? apa kita tidak perlu berusaha ktarena sudah ditentukan Allah”. pertanyaan pertanyaan meragukan terhadap kekuasaan Allah ini seringkali dilontarkan, padahal jelas yang baik dan yang jahat adalah dari Allah, dan manusia pun tidak ada kekuasaan sedikitpun atas dirinya.

tulisan saya inipun akan membuat kita agak bingung jika kita putus hingga disini, tidak, tulisan ini masih berlanjut … sekarang pertanyaan kita adalah mengapa allah menjadikan sebagian orang jahat dan sebagian baik, kenapa sebagian kita dijadikan sukses dan sebagian dijadikan tidak sukses dalam hidupnya. semua adalah tergantung apakah menusia tersebut berserah diri atau tidak. jika manusia berserah diri kepada Allah (tidak mengandalkan kekuasaan ‘diri”) maka Allah akan memberikan sesuatu yang positif

Allah pun tidak mau disaingi oleh manusia, ketika manusia memunculkan kesombongan pribadinya maka Allah pun tidak segan segan menunjukka n kekuasaannya , tapi jika manusia tidak memunculkan kesombongannya dan berserah diri kepada Allah maka Allah pun juga tidak segan segan menunjukan kekuasaannya yang berupa pertolongan.

laa haula wala quawata ila billah……………