Allah tidak akan memberikan beban melebihi kemampuannnya

Hakikat masalah terletak di dalam diri kita bukan terletak di luar, misalnya kejadian kehilangan cicin nikah, bagi seorang yang kehilangan cicin nikah mungkin merupakan suatu bencana yang sangat luar biasa karena cicin nikah adalah prasasti dari peristiwa pernikahan yang dijalankan sekali dalam hidupnya, ketika hilang maka akan menjadikan keadaan stress yang amat sangat. Hal ini berbeda dengan orang yang kehilangan cicin kawin namun dari pernikahan yang kesekian kalinya, sehingga hilangpun bukan suatu masalah yang berat. Dari peristiwa tersebut kita dapat mengambil suatu contoh bahwa masalah itu bukan terletak pada hilangnya cicin kawin namun terletak pada berarti atau tidaknya cicin kawin tersebut dalam hidupnnnya.  jadi masalah ada pada diri sendiri sehingga jangan tertipu dengan kejadian diluar diri kita.

لاَ يُكَلِّفُ اللهُ نَفْسًا اِلاَّ وُسْعَهَا

maka ketika kita punya masalah kita bisa merekayasa pikiran kita untuk menjadikan hal yang negatif menjadi positif sehingga kejadian di luar tersebut tidak menjadikan masalah bagi kita. salah satu model rekayasa pikiran adalah dengan khusnudzan kepada Allah. sikap khusnudzan dapat menjadikan emosi juga positif.

Firman Allah dalam surat al Baqoroh 286 ini juga merupakan cara untuk berpikir positif terhadap apa apa yang sedang kita alami. misalnya masalah ini berat maka kita akan menganggap bahwa masalah ini menjadi ringan. Ketika kita menganggap bahwa masalah kita ringan maka otomatis kita akan mudah dalam menyelesaikan masalah yang sedang kita hadapi tapi akan sebaliknya jika kita menganngap masalah kita besar maka masalah kita akan sulit untuk kita selesaikan. Jika kita punya masalah yang besar maka yakin lah kepada Allah bahwa Allah tidak akan memberikan cobaan diatas kemampuan hambanya, jadi memang kita ciptakan Allah sudah pasti kita bisa melalui masalah yang sedang kita hadapi.

ayat ini juga mengajarkan kita untuk selalu hidup optimis

seseorang dengan keyakinan yang kuat bahwa cobaan ini pasti bisa dilalui maka kita akan mudah untuk bisa melalui masalah tersebut. JIka kita yakin bahwa kita adalah ciptaan Allah maka kita akan yakin pula bahwa apa apa yang masalah yang kita hadapi akan mudah kita lalui. jadi hindari mengeluh dan gelisah.

jika Allah sudah menyampaikan hal seperti ini maka kita juga jangan menjadikan diri kita lemah tak berdaya kita harus meyakini bahwa kita mampu.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One thought on “Allah tidak akan memberikan beban melebihi kemampuannnya

  1. Alhamdulillaah…. segala puji bagi Allah yang telah menghadirkan pak Pur ditengah-tengah kita dengan pencerahan-pencerahannya untuk kita semua, semoga Allah senantiasa melimpahkan kesehatan,usia yang panjang dan berkah serta keturunan yang sholih… terima kasih pak Pur…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *