kalau masalah Ruh saya lebih punya pendapat yang tetap menyebutkan Ruh ya Ruh bukan siapapun termasuk malaikat jibril. meski ada bahkan hampir semua artikel di internet menyebutkan bahwa ruh diartiikan sebagai malaikat jibril. saya mencari alasan sana sini juga belum mendapatkan jawaban yang memuaskan saya, rata rata “pokoknya” Ruh itu adalah malaikat jibril. tapi tidak memberikan alasan yang jelas mengapat ruh diartikan melaikat jibril.

saat ini saya lebih senang untuk mengartikan quran apa adanya, modal saya hanya yakin kepada yang ghoib, seperti yang tercantum dalam al baqoroh ayat 2-3 bahwa quran itu sangat jelas dan tidak ada keraguan tapi kuncinya adalah takwa yaitu orang yang percaya dengan yang ghoib.

jadi dalam mengartika ruh dalam surat al qodr ini ya Ruh saja tidak perlu di artikan atau ditafsirkan dengan yang lain, kadang quran semakin ditafsirkan semakin membuat bingung dan ragu. biarkan Quran apa adanya, sperti alif lam mim biarkan tetap alif lam mim tidak perlu di tafsirkan.