Categories
amanah

Amanah itu harus murni

layaknya lurus ke Allah maka menjalankan amanah itu juga harus murni. artinya murni tidak kecampuran duniawi. Seperti misalnya menjalankan amanah kecampuran dengan target target… pasti pada tahap tertentu akan mengalami stagnan, maju nggak bisa mundur bisa jadi. ya stagnan ini karena kita tidak lagi murni dalam menjalankan amanah Allah. Masih ada kecampuran target yang sebagian orang menjadi motivasi tapi dalam konsep amanah akan menjadi hijab untuk menjalankan amanah itu sendiri. Target tidak untuk menjadi tujuan dalam menjalankan amanah Allah tapi target untuk kita mintakan kepada Allah. Ini memang agak sulit dipahami, menjalankan amanah hanya karena Allah bukan karena apa apa.

menjalankan amanah dengan tujuan untuk memenuhi kewajiban perusahaan itupun juga akan menjadi hambatan bagi dijalankanya amanah Allah. Bagi kita yang berlatih lurus ke Allah akan mengalami ini dan kita akan dihadapkan pada dua pilihan karena Allah atau bukan karena Allah dalam menjalankan amanah.

maka mari kita sama sama latihan memurnikan niat kita menjalankan amanah yaitu hanya karena Allah. Niat untuk menjalankan amanah karena Allah ini harus lurus kepada Allah. kalau tidak Allah akan memberikan pelajaran kita tidak akan dapat berbuat apa apa dengan amanah yang kita sedang jalankan.

By Setiyo Purwanto

Trainer dan Peneliti psikologi islam
Dosen Fakultas Psikologi UMS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.