kadang bingung juga menentukan amanah saya apa, baik pertama kita harus berpikir bahwa amanah itu adalah sederhana. Ya sederhana, yaitu apa yang ada di depan kita, apa yang sedang kita lakukan, apa yang sedang diperbuat saat ini dan disini, itulah amanah kita. Yang kedua jadikan apa yang kita lakukan sekarang adalah perintah Allah. Misalnya kita sedang berjalan ke kantor maka amanah nya adalah menjalankan amanah Allah berjalan di kantor. bejalan ke kantor adalah amanah Allah. Kalau tidak berjalan ke kantor maka tidak akan sampai ke kantor.

Jadi amanah itu memang ada yang besar yaitu menyelesaikan pekerjaan kantor, tapi juga ada amanah yang kecil yang mendukung adanya pekerjaan di kantor yaitu berjalan menuju ke kantor.

menjalankan amanah Allah memang dari hal hal yang kecil dan sederhana. yang sedang kita hadapi sekarang ini dan saat ini. Gunakan formula 3T untuk menjalankan amanah Allah dalam setiap perbuatan perilaku. Dalam islam kita di ajarkan untuk meniatkan dengan benar setiap perbuatan kita. Perbuatan kita harus diawali dengan niat

Niat ini pasti kita niatkan karena Allah, dan sebenarnya implementasi niat karena Allah atau niat lillahitaala ini adalah niat menjalankan amanah Allah. Dengan meniatkan menjalankan amanah Allah maka perbuatan kita dikatakan ihlas. Misalnya sedekah kita niatkan menjalankan amanah Allah untuk membantu orang lain maka sedekah kita adalah ihlas, ini tidak ada hubungannya dengan hati kita rela atau tidak. Karena ihlas tidak ditentukan dengan rela atau tidak, tapi karena Allah atau tidak.