Anggap semua perbuatan kita adalah keinginan Allah

Ini merupakan cara terbalik agar apa yang kita lakukan tidak menyimpang dari keinginan Allah. Cara terbalik, yang biasanya adalah keinginan Allah yang kita perbuat, sekarang gunakan cara terbalik yaitu perbuatan kita adalah keinginan Allah. Cara ini sangat efektif untuk:

  1. membuat kita lebih ihlas dalam berbuat atau beramal
  2. kita lebih semangat karena menempatkan diri kita yang memang sudah sesuai dengan apa yang diinginkan Allah
  3. kita tidak bingung lagi atau ragu karena apa yang kita lakukan adalah sudah sesuai dengan apa yang Allah inginkan, sehingga tidak berfikir lagi

cara ini memang kurang lazim dilakukan, orang biasanya melakukan sesuatu dengan berfikir terlebih dahulu apakah perbuatan saya sudah sesuai dengan Allah atau belum, kalau ini kita sudah menganggap bahwa perbuatan kita adalah sudah sesuai dengan keinginan Allah.

cara ini merupakan bentuk positif thinking kita kepada diri kita. Kalau kita suudzan dengan perbuatan kita lha kenapa kita perbuat?, tapi kalau kita khusnudzan maka kita dengan ringan dan dengan bahagia melakukan sesuatu itu sudah sesuai dengan keinginan Allah.

masak sih kita masih bertanya apakah pekerjaan saya ini diridloi Allah apa tidak, apakah sesuai dengan keinginan Allah apa tidak . Mestinya anda pembaca sudah memiliki parameter dalam hal ini. Parameter yang dapat membedakan mana pekerjaan halal dan mana pekerjaan haram. sangat bodoh (maaf) jika kita menganggap pekerjaan mencuri itu halal, dan tentunya sangat bodoh juga jika kita berdagang dengan jujur masih kita katakan ini pekerjaan haram. sekali sudah jelas mana yang halal dan mana haram sehingga dalam forum ini saya anggap kita semua sudah tahu  mana yang diinginkan ALlah (halal) dan mana yang tidak diinginkan Allah (haram).

Saya menekankan bahwa pekerjaan kita sekarang adalah keinginan Allah kepada kita. Kalau kita menjadi pedagang maka Allah berkeinginan kepada kita untuk menjadi padagang, maka berdaganglah siang dan malam, pagi dan sore tapi ingat berdagang dalam rangka menjalankan apa yang Allah inginkan. Kalau kita pemimpin sebuat perusahaan maka pimpinlah perusahaan siang dan malam, pagi dan sore. Demikian, semua apa yang menjadi pekerjaan kita saat ini itu adalah amanah dari Allah. JIka kita bekerja karena Allah maka itulah yang dinamakan ihlas. Dari pada wirid lama lama lebih baik melakukan kegiatan atau pekerjaan yang sudah menjadi keinginan Allah.

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

6 thoughts on “Anggap semua perbuatan kita adalah keinginan Allah

  1. Assalamualaikum wbt,
    Alhamdulillah satu pencerahan yang luar biasa dapatannya. Dengan pemahaman ini juga menjadikan apajua pekerjaan kita semakin lebih bersemangat kerana pekerjaan yang kita lakukan adalah keinginan Allah sebenarnya. Samakan Ustaz maksudnya ikhtiar manusia ialah ikhtiar Allah.

    • waalaikum salam wr wb.
      ihtiar kita adalah keinginan Allah Ibu Fida. semoga kita selalu semangat melalui cara cara yang diridloiNya. amin

  2. Wakhdatul wujud is not a simple thing to do. God (Allah) wil only be inside of your heart if you are inside of His heart. God is realy as a symbol of beauty: beauty in deed, beauty in eveything. Allah never touch those who still have a bad spirit eventhough it is very-very small, “Innallaha ya’rifuu maa fii qolbikum, wa ya’rifu kuli syai’in tuf’al” . Manunggaling kawula gusti meniko mboten perkara ingkang gampil. Pramilo ngatos atos. Gusti ingkang murbeing dumados (Allah) saget manunggal kalian jengandiko manawi jenengandiko saget wonten saklebetipun batosipun Allah, Gusti ingkang murbeing dumadi meniko simbul kautamen lan ugi kaindahan: Kautamen lan kaindahaning perilaku ugi sedoyo kemawon ing wanten alam dunyo meniko. Gusti Allah mboten bade sesenggolan kalian senteno kemawon ingkan kagungan batos , niat lan semangat ingkang awon. Gusti mengertosi ingkang wonten sak jroning batos panjenengan, lan mengertosi punopo kemawon ingkang manungso lampahi. Thanks, lan matur nuwun, matur nuwun.

  3. As wr wb …. Apa kabar dolar yuwono ? Mohon penejelasannya atau artinya. Karena saya tidak mengerti jbahasa awa ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *