Antara menulis dan patrap

seorang penulis dibutuhkan kekuatan untuk mendapatkan pencerahan. Pencerahan itu sebenarnya ada dalam keseharian kita namun kita kurang peka atau kurang membuka diri terhadap pencerahan tersebut. Jadi untuk menjadi penulis terlebih penulis di dalam blog, yang paling penting adalah bagaimana berlatih untuk membuka diri agar pencerahan yang datang sewaktu waktu dapat kita tangkap maksudnya dan segera kita tuliskan. pencerahan inilah yang menjadi “ilmu” yang sebenar benar ilmu, karena ilmu  yang berdasar pencarahan ini akan memberikan inspirasi juga bagi orang lain, bahkan dapat menjadi inspirasi bagi “ilmuwan akademisi” yang hanya bisa menulis kalau ada jurnal penelitian atau buku teks yang sarat dengan “ilmu jadul”.

Patrap memberikan suatu pengalaman tertentu untuk dapat melatih seseorang menjadi lebih peka. Kepekaan yang diberikan dalam patrap adalah kepekaan yang sesuai dengan bidang atau kebiasaan yang dilakukan seseorang tersebut. Misalnya seorang novelis atau penulis cerita ketika dia berlatih patrap maka akan muncul dalam dirinya suatu kepekaan terhadap pembuatan cerita cerita baru. pembuatan cerita cerita baru inti akan menarik, karena biasanya inspirasi yang di muncul berisi tentang kedalaman rasa terhadap suatu fenomena.

kalau digambarkan, antara fenomena dan patrap serta pencerahan adalah, jika patrap adalah perjalanan menuju kedalaman rasa , di dalam kedalaman rasa ini akan muncul pengalaman yang mencerahkan sedangkan fenomena di alam “luar diri” seperti masalah sosial, lingkungan sekitar dan lainnya dapat menjadikan pemantik atau pemicu munculnya suatu ide gagasan yang mencerahkan.

untuk itu perlu seorang penulis diperlukan sebuah laku ritual entah meditasi, relaksasi, atau patrap, atau sholat , atau dzikir dan lainnya. diharapkan dengan ritual ini kepekaan akan terasah sehingga pencerahan mudah ditangkap. satu hal lagi ketika mendapatkan pencerahan maka segera tulis karena daya yang turun , tidak datang dua kali, segera catat meski hanya singkat singkat, yang penting disimpan.

selamat belajar patrap dan menulis, jika anda yang masih asing dengan patrap silahkan search di blog  atau di google “tanyakan ke beliau” tentang patrap nanti akan ada banyak sekali uraian tentang patrap. sekian . salam

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *