antara Reuni dan Regresi

Sekarang acara reuni banyak diselenggerakan, baik di tingkat SD sampai perkuliahan. ya reuni sangat menyenangkan dengan acara acara nya. Dari mulai saling sapa, ada yang saling lupa, ada yang haha dan ada yang hihi. ya semua menjadi suatu hal yang tumpah ruah di ajang reuni ini. namun disadari atau tidak ada sisi yang jarang kita mengerti bahwa reuni merupakan gejala psikis regresi, yaitu kenikmatan untuk kembali ke masa lalu.

regresi menjadi salah satu ego defense mechanism dalam teorinya freud. Yaitu cara ego untuk mencari sisi kenikmatan di masa lalu. Ya mungkin reuni ini menjadi salah satu wisata hati ke masa lalu mencari track memori masa lalu yang membahagiakan. kita lihat juga group di media sosial terutama whatsapp ramai group reuni. Tekanan tekanan hidup yang saat ini di alami memang terasa nyaman dan membahagkan jika bisa beralih ke masa lalu sekejap bersama kawan kawan masa lalu.

secara perkembangan , usia remaja terutama usia SMA dan kuliah memang menjadi ajang reuni yang paling heboh di bandingkan dengan smp atau sd. Sebab usia remaja memiliki dinamika yang sangat berbeda dengan usia selanjutnya. Kebebasan, kenangan dan lainnya sangat terjadi secara dinamis si usia ini. Aktivitasnya pun juga berubah ubah dan sangat variatif. Masa ini banyak memakan memori otak manusia, sehingga memang sangat asyik kalau bisa kembali ke masa ini. reuni ini akan menjadi tidak menyenangkan jika masa remaja ini dipenuhi dengan pengalaman negatif, maka dia akan enggan untuk mengikuti acara acara reuni yang di selenggarakan. Sebab sama saja ia menguak lagi masa lalu yang tidak menyenangkan.

Reuni kembali ke masa lalu memang sedang laris, namun jangan sampai ini mnejadi tanda bahwa kita menghindari masa sekarang dan ketakutan menghadapi masa depan. Dan janganlah reuni menjadi bentuk regresi buatlah reuni sebagai ajang silaturahmi yang saling membantu terutama dari sisi ekonomi misalnya dengan saling memperkenalkan produk atau apalah dimana reuni ini bisa menjadi ajang peningkatan taraf hidup sesama jamaah reuni. atau juga ajang reuni ini menjadi ajang yang bermanfaat untuk mencapai kebaikan bersama, saling mengingatkan ke arah kebaikan. tidak hanya sekedar makan makan, jogat joget atau hal hal yang tidak bermanfaat lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *