antara self dan ego

pembahasan ini sangat penting untuk menjelaskan siapa diri yang sebenarnya. kalau diterjemahkan self adalah diri dan ego adalah aku. dalam perkembangan manusisa, aku ada setelah seorang anak mengetahui perbedaan antara aku dan bukan aku. pada saat itulah seorang anak sudah dikatakan memiliki ke akuan, yang sebelumnya tidak ada. jadi aku ada, tidak dari awal kelahiran tapi ada setelah sekitar 1 dan 2 tahun. lalu siapa yang ada kalau belum aku, yang ada sebelumnya adalah self atau diri. Diri yang belum mengenal aku, artinya diri yang masih fitrah.

jadi aku yang ada setelah sebelumnya tidak ada, dikatakan aku yang mengaku ada, kata mengaku ada berarti tidak ada. yang ada sebenarnya adalah self atau diri sejati. Diri sejati bukanlah aku tapi diri yang fitrah.

pencapaian spirituall yang tertinggi adalah ketika manusia bisa menghilangkan ego atau bisa menghilangkan aku yang mengaku ada tadi. kita manusia harus bisa mengembalkan kesadaran tertinggi kita bahwa aku tidak ada yang ada adalah diri sejati. Diri sejati adalah diri yang fitrah dimana dalam setiap ibadah baik itu sholat, puasa, sedekah dan lainnya tujuannnya adalah untuk mengembalikan kepada diri yang fitrah (idul fittri).

Belajar tasawuf harus paham tentang siapa diri ini sehingga mudah untuk berjalan menuju kepada Allah. Belajar tasawuf atau makrifat tapi masih belum tahu tentang siapa diri maka akan sangat sulit , seperti belajar mengendari motot tapi tidak tahu mana stang, koplling, rem pasti tidak akan berhasil. oleh karena itu belajar tentang who am i merupakan alat yang harus dikuasai dengan sepenuhnya. Belajar tasawuf sebenarnya  mengambalikan nafs amarah atau lawwamah menjadi muthaminah atau mengembalikan diri yang aku menjadi diri yang fitrah. jika bisa menguasai ini saya yakin pelajaran tasawuf mudah untuk dijalankan.

semoga Allah memberikan kemudahan kita untuk mengenal diri kita, barang siapa mengenal dirinya maka akan mengenal

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *