antara yang lapar,yang ingin makan, dan yang tidak merasakan apa apa

pelajaran puasa mengajarkan kita untuk mengenal

siapa yang lapar

siapa yang ingin makan

dan siapa yang tidak ingin apapun

tiga hal tersebut diatas ternyata ada pada diri kita ketika kita puasa. Saat puasa perut kita terasa lapar maka yang lapar adalah jasad, yang ingin makan adalah nafs, dan yang tidak terpengaruh apapun adalah Ruh. jadi Ruh ini tidak merasakan apapun dan terpengaruh apapaun dengan keadaan laparnya perut.

selama puasa ini kita belajar mengenal mana dalam diri kita yang tidak merasakan apa apa. Kita sudah mengenal mana yang lapar yaitujasad dan mana yang ingin makan yaitu nafs, sedangkan mana yang tidak merasakan apa apa adalah Ruh, Ruh inilah yang sebenarnya kita cari dalam puasa. kalau kita sudah kenal dengan Ruh maka selanjutnya adalah kembali kepada Ruh ini yaitu berserah diri kepada Allah.

target takwa yang akan kita raih harus di dahului oleh ditemukannya ruh ini dalam diri kita sehingga unsur fitrah dalam ruh ini mempengaruhi nafs dan jasad sahingga semua bisa kembali kepada yang fitrah.

selamat menjalankan ibadah puasa

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 thoughts on “antara yang lapar,yang ingin makan, dan yang tidak merasakan apa apa

  1. Semoga Allah pahamkn kpd kita ttg hakikat ruh dlm diri manusia,shg bs mengenal ruh dn bs kmbali ke fitrah,tak lupa sy ingin mengucapkn “selamat mnjalankn ibadah puasa dan mohon maaf setulus hati pak..bila selama ini mgkin ada comment2 sy yg kurang brkenan di hati..”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *