Apa itu puasa ramadhan

beda puasa ramadhan dan bukan ramadhan terletak pada kekhususan dalam menjalanakannya. ibarat apa beda antara haji dan umrah. tentu sangat beda. ramadhan adalah bulan penuh energi ilahi. siang hari kita berlatih membebaskan diri dari ikatan fisik malam hari kita mebangkitkan ruh dengan tarweh dan dzikir serta itikaf.

kalau puasa biasa tidak diyadhoh untuk membangkitkan Ruh agar aktif. tapi sekali lagi kalau ramadhan kita ada ritual lain pada malam hari.

amalan batiniah paling utama di bulan ramadhan adalah berserah diri kepada Allah. karena dengan berserah diri ini lah kita dapat meninggalkan tubuh kita dan dapat mengaktifkan Ruh kita. kadangkala kita malah sering melupakan laku berserah ini, jadi lakukan puasa dengan berserah, lakukan tilawah dengan berserah, lakukan tarweh dengan berserah, lakukan itikaf dengan berserah.

jika kita bisa mengamalkan puasa ramadhan ini dengan berserah maka kita akan mendapatkan arti sebenarnya “puasa ramadhan, yang sangat berbeda dengan puasa lainnya”. jadi jangan sia siakan bulan ini karena inilah kesempatan setahun sekali kita dipaksa Allah untuk mendapatkan keberadaan diri yang sejati.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *