apa ya selamanya membaca al quran tanpa memahami isinya

bagi anda yang sudah bisa membaca al quran apa ya akan selamanya membaca saja tanpa mau memahami. Motivasi dulu sebelum bisa membaca . bahwa membaca dan mendengar itu pahala itu adalah pelajaran playgroup ketika kita masih balita, sekarang kita sudah bisa membaca dan kita sudah menginjak SMA. Sudah SMA kok ilmunya anak play grop.

Ada yang sakit hati kalau saya larang untuk sekedar membaca al quran, dalil yang dikeluarkan dalil palygroup .. ya itu tidak salah cuma yang jadi masalah anda ini playgroup atau SMA. Sudah saat anda belajar bagaimana memahami ayat perayat, karena untuk dapat mengamalkan tentunya anda harus paham dengan apa yang diperintahkan.

Ada doktrin yang menyesatkan yang sangat berlawanan dengan al quran bahwa yang boleh memahami al quran adalah ulama atau kyai atau minimal yang sudah mondok pesantren puluhan tahun. atau yang boleh mempelajari al quran adalah syeh, habib atau sekelasnya. padahal kalau mau mencermati benar bahwa al quran ini tidak ada keraguan petunjuk bagi orang yang bertakwa. Jadi untuk bisa belajar al quran secara langsung tidak ada masalah.

selama ini orang awam dijauhkan dari al quran, ini bisa kita lihat dengan banyak ulama yang melarang umat islam untuk mempelajari langsung al quran, katanya sesatlah katanya bisa masuk neraka lah, katanya quran itu sulit dipahami katanya ini dan itu, yang akhirnya umat islam sangat jauh dari al quran meski setiap hari ia membaca al quran bahkan membacanya sampai satu hari satu juz.

keparahan umat islam dalam mendalami al quran sudah sangat taraf memprihatinkan. bagaimana tidak sudah paham bahwa hanya membaca saja tidak ada perubahan apa apa masih saja tidak mau berubah untuk belajar menterjemahkan …. dan lebih berbangga bahwa hari ini dia sudah menyelesaikan 1 juz dan sebulan dia sudah bisa menghatamkan…. begitu seterus sampai satu tahun di khatam 12 kali. Coba manfaat apa yang di dapat. kalau mau bilang pahala okelah pahala tapi bagaimana bentuk pahala itu. Pahala di akhirat pasti akan berdampak di dunia. Setiap amalan yang berpahala pasti berdampak di dunia. sama halnya setiap amal yang mengandung dosa pasti berdampak di dunia. Sekarang coba jujur saja apa yang di dapat di dunia dari hanya membaca, pasti tidak akan mendapatkan apa apa.

al quran adalah sekumpulan perintah yang harus dipahami isinya, bagaimana anda menjalankan kalau tidak tahu isinya. coba anda resapi benar benar , kalau anda membaca tanpa memahami isinya apa bedanya anda membaca tulisan berbahasa rusia… apa anda paham?, apa anda tahu perintah di dalamnya?

sekarang anda sudah SMA bukanlah anak balita atau playgroup yang hanya bisa membaca tulisan tanpa tahu artinya, anak SMA harus mulai belajar menangkap dibalik tulisan al quran itu apa, hikmah yang terkandung di dalam setiap ayat itu apa… itulah pelajaran anak SMA STOP MEMBACA AL-QURAN TANPA MEMAHAMI ISINYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *