Apa yang kita perhatikan selama sholat?

Jika anda sholat hanya memperhatikan atau fokus kepada syariat saja maka sholat anda dijamin tidak akan khusyu, anda harus mampu untuk melewati jasad, artinya biarkan jasad kita melaksanakan syariat, sedangkan kita fokus kepada Allah yang dekat, Allah yang mengawasi. Keadaan memperhatikan ini harus terus menerus kita perhatikan, usahakan jangan sampai anda lengah, atau kembali memperhatikan jasad. Anda harus mampu duduk di alam kesadaran dekat dengan Tuhan dan hanya Tuhan lah yang anda perhatikan.

wilayah syariat adalah wilayah jasad sedangkan wilayah sadar Allah adalah wilayah makrifat. maka sebisa mungkin, selevel apa makrifat anda gunakan terus menerus memperhatikan Allah. jika ini dilakukan maka jasan kita ini sepertirobot  yang sudah diprogram untuk menjalankan sholat sedangkan kesadaran kita connect to Allah secara terus menerus.

jika anda belum memisahkan antara kesadaran dan jasad, atau kesadaran dengan pikiran maka saya sarankan anda belajar kepada yang ahli. khusyu itu bukan di jasad khusyu itu di kesadaran. demikian , jangan putus asa karena ini memerlukan mujahadah yang sungguh sungguh. belajar dan belajar

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One thought on “Apa yang kita perhatikan selama sholat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *