Arti memperhatikan akhirat

sebenarnya yang ke akhirat itu adalah kesadaran kita. karena kesadaran tertinggi memang asalnya akan kembali kepada Allah. Namun badan ini adalah aslinya berasal dari dunia sehingga dia harus aktif di dunia. bekerja kita siang malam namun kesadaran akhirat kita juga siang malam. Artinya begini kita menjaga kesadaran akhirat kita siang malam, sedangkan kita beraktivitas duniawi juga siang malam.

dunia dan akhirat adalah sesuatu yang berbeda. Dunia itu adalah tubuh kita dan akhirat adalah kesadaran. jangan sampai kita menyatukan antara dunia dan akhirat. Kesalahan orang belajar tasawuf adalah menyatukan antara dunia dan akhirat. menyatukan tubuh dan kesadaran. Kalau dua hal ini disatukan maka  orang tersebut akan meninggalkan dunia baik tubuhnya dan kesadarannya. dan bagi orang yang ekstrem mencari dunia maka kesadaran dan tubuhnya juga akan di dunia.

jadilah hidup kita di dua alam. yaitu alam akhirat dan alam dunia. mengembalikan kesadaran kepada akhirat seperti mengembalikan seekor ikan ke air, membiarkan tubuh itu ke tanah seperti melepas cacing yang fitrahnya memang hidup di tanah. jika demikian yang kita lakukan maka hidup kita akan bahagia dunia dan akhirat.

siapa bilang hidup di dunia sengsara hidup di akhirat bahagia? tidak bisa dipastikan, jika di dunia sengsara di akhirat bahagia, justru jika dunia sengsara sudah bisa dipastikan akhiratnyapun tidak bahagia.

Sekarang bagaimana memperhatikan akhirat… ikuti sesi berikutnya tulisan ini …..

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 thoughts on “Arti memperhatikan akhirat

  1. Ustaz,

    Alhamdulilallah atas tulisanya..semoga Allah swt melimpahkan rahmat atas mu dan kita semua.aminn..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *