awalnya patrap—sholat khusyu–sekarang dzikir nafas

patrap pertama kali diperkenalkan oleh Bp haji Slamet Utomo banyuwangi, kemudian berkembang menjadi sholat khusyu, dan sekarang saya mendalami dzikir nafas. ini adalah suatu proses pribadi saya bukan orang lain, mungkin orang lain  bisa berbeda. Dzikir nafas nafas saya anggap sebagai suplemen untuk mendapatkan ihsan (Patrap) dan untuk mendapatkan sholat khusyu. Dzikir nafas memiliki pangsa pasar sediri disamping patrap dan sholat khusyu memiliki pangsa pasar sendiri sendiri. Dzikir nafas pangsa pasarnya membumi, bukan high class. Dzikir nafas sederhana dan siapapun, kapanpun, dan dalam keadaan apapun bisa melakukan tentunya hal ini berbeda dengan sholat.

Dzikir nafas lebih pada bagaimana kehidupan sehari hari kita diwarnai dengan suasana dzikir kepada Allah. tentunya ini sangat berguna bagi yang menghendaki bisa berdzikir kepada Allah setiap saat.

baiklah kembali ke sejarah, patrap memang gemblengan pertama saya mengenal Allah, maka ini saya sarankan yang baru belajar ke Allah saya sarankan untuk belajar patrap terutama patrap gerak agar Allah betul betul tertanam dalam jiwa dan raga serta Ruh kita.

yang kedua setelah belajar patrap, menerapkan tertancapnya Allah dalam hati kita untuk menjalankan sholat. Patrap yang teraplikasikan dalam sholat akan menyebabkan jiwa kita terlatih untuk berkomunikasi kepada Allah. Sujud kita, takbir kita, dan semua bacaan dan gerakan sholat akan menyebabkan jiwa kita menjadi jiwa yang sempurna.

dan yang terakhir adalah mendawamkan bersama Allah setelah sholat dengan dzikir nafas, hal ini juga untuk menjaga terlatihnya jiwa  kita dalam sholat terbawa dalam kehidupan sehari hari. Sehingga kekuatan Allah sangat terasa dalam keseharian.

jadi saya akan menerapkan kurikulum belajar mengenal Allah yaitu

  1. patrap
  2. sholat khusyu
  3. dzikir nafas

Tiga kurikulum itu akan menjadi latihan pokok bagi siapa saja yang akan memulai belajar ke Allah. kurikulum tersebut sesuai dengan perjalanan spiritual saya. Saya buat ringkas sehingga yang belajar tidak perlu mencari cari format bagaimana secara urut belajar menuju kepada Allah.

Saya sudah lama dilarang untuk menyebarkan patrap, dan saya tidak melatih patrap, tapi karena sekarang saya sudah menjadi orang yang bebas, patrap dari Bapak Haji Slamet Utomo akan saya latihkan lagi (insya Allah september 2013 singapura malaysia latihan patrap) dan nanti di solo setiap malam jumat akan saya galakkan lagi latihan patrap untuk kawan kawan yang baru mengenal.

semoga Metode ini diridloi Allah amin

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

15 thoughts on “awalnya patrap—sholat khusyu–sekarang dzikir nafas

  1. Sangat setuju sekali dengan kurikukulum yang pak Purwanto buat,karena semuanya sangat bermanfaat pada saat kita belajar mengenal atau berguru kepada Allah,terlebih bagi pemula.Lanjutkan pak Pur…..walaupun dapat metode baru bukan berarti metode yang lama tidak berguna lagi….saya sudah merasakan hikmah dari belajar dari patrap,sholat khusyu dan dzikir nafas….semua saling menguatkan dan bersesuaian.

  2. Saya suka membacanya, walaupun masih dalam proses pembelajaran tapi saya sangat setuju dengan program2 ini. saya berharap masalah patrap juga dibahas secara detail disini karena saya ingin sekali membacanya.

    • postingan yang lalu mungkin 3 tahun yang lalu saya sering posting tentang patrap silahkan di search di blog ini

  3. Terimakasih Pak Ustad Program yang begini yang saya tunggu-tunggu patrap silatun, sholat khusyu’ dan dzikir nafas satu kesatuan ibadah yang sangat diperlukan seperti saya ini yang baru belajar dalam perjalanan untuk menuju Allah SWT, terima kasih sekali lagi Pak Ustad, salam

  4. bismillahirahmanirrahim,
    metode yang pak poer suguhkan sungguh bisa menjadi acuan dalam perjalanan untuk menuju kepada Allah, dari pengalaman saya menjadikan saya paham tentang wilayah dari masing-masing metode tersebut, karena sebenarnya di dalam patrap, khusyu’ dan dzikir itulah kita dimasukkan oleh Allah dari satu wilayah menuju ke wilayah yang lain yang menjadikan kita pun paham, begitu kita berada di wilayah itu ada ilham yang diturunkan bisa berupa sakinah,riqqah,dzauq….. dan berbagai rasa-rasa lain yang mengada, ….. trim Pak Poer atas berbagai artikelnya, semoga kita semua mendapatkan kepahaman dan istiqomah dalam perjalanan kita… amiin

  5. Pegang pelajaran lama yang baik, dan ambil juga pelajaran baru yang lebih baik…Semoga kita semua selalu dalam bimbingan Alloh SWT!

  6. pak pur…
    saya seorang pemula yang saat ini sedang belajar dzikir nafas (blm ada 1 bulan pak pur),
    saya blm pernah belajar patrap dan sholat khusyuk,karena menurut saya metode dzikir nafas ini pas banget,simple dan praktis.
    yang jadi pertanyaan saya,masihkah saya perlu belajar patrap ya pak pur?
    apakah dzikir nafas saja tidak cukup untuk menjadi alat pengantar menuju ihsan njih pak…?
    terus terang saya pengen mengalami apa yang misal pak pur dan pak deka alami dan rasakan (baru 2 minggu ini juga baca2 blog pak deka)
    mekaten…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *