Ayo belajar tanda dari Allah

اتقوا فراسة المؤمن ، فإنه ينظر بنور الله
“hati- hatilah dengan firasat orang yang beriman, sesungguhnya dia melihat dengan cahaya ALLAH. “

(HR Tirmidzi, Al Sunan, Kitab : Tafsir, Bab : Tafsir surat Al Hijr (hadis 3127).

إن في ذلك لآيات للمتوسمين
“ Sesungguhnya pada peristiwa itu terdapat tanda- tanda bagi orang – orang yang “ Al Mutawassimin “

(Surah Al Hijr: 75).

Al Mutawasimin menurut pengertian ulama adalah orang-orang yang mempunyai firasat, yaitu mereka yang mampu mengetahui suatu hal dengan mempelajari tanda-tandanya.

Sebagaimana firman ALLAH:

ولو نشاء لأريناكهم فلعرفتهم بسيماهم
“Sekiranya Kami kehendaki, niscaya Kami tunjukkan mereka kepadamu, sehingga kamu benar- benar mengetahui mereka dengan tanda- tandanya.“

(Surah Muhammad: 30).

ALLAH juga berfirman :

يحسبهم الجاهل أغنياء من التعفف تعرفهم بسيماهم
“Orang – orang yang bodoh menyangka mereka adalah orang kaya, karena mereka memelihara diri dari meminta- minta, kamu mengetahui mereka dengan tanda- tandanya.“ (Surah Al Baqarah: 273).
nah kalau sudah jelas dasar dasarnya mari sekarang kita belajar bersama dengan membaca tanda. Orang jawa mengatakan bahwa orang yang ahli membaca tanda adalah mereka orang yang waskito, seperti dalam syi ir tanpa waton gusdur tentang orang yang melihat al quran dari sisi wahyu, bukan tulisan dan huruf.
Nah kita berlatih mulai dari yang paling ringan misalnya kita peka dengan tanda tanda yang ada pada diri. Misalnya kita ingin pipis (buang air kecil) itu sudah ada tandanya kan, nah dengan tanda itu kita harus segera ke toilet karena gebelet atau mau kencing adalah tanda yang diberikan Allah kepada kita agar stok air di dalam tubuh harus segera dibuang.
latihan yang lebih tinggi lagi adalah melihat tanda tanda kejadian alam sekitar kita. Misalnya tanda sering banjir, maka segera buat antisipasi jika terjadi banjir lagi, atau tanda mendung berarti tanda mau hujan dan kita harus bawa payung.
Tanda yang lebih halus lagi adalah tanda yang muncul dalam perasaan dan pikiran kita. Misalnya jika kita tiba tiba merasakan sesuatu atau kepikiran sesuatu dan itu berulang berarti kita sedang diberikan sinyal akan sesuatu itu.
tapi ingat bahwa dasar membaca tanda dari Allah kita harus sadar Allah, kalau kita tidak sadar Allah maka radar yang kita pasang akan salah baca tanda, atau tanda yang muncul bisa tanda yang mendorng untuk melakukan hal maksiat.
sebenarnya membaca tanda ini adalah IQRO yang sebenarnya.
2 thoughts on “Ayo belajar tanda dari Allah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.