Bagaimana agar sholat menghasilkan ilham …

yang penting dalam menjalankan sholat dalam tahap awal adalah “tenang” atau tumakninah. Tenang atau sikap tumakninah ini dapt kita lakukan jika kita meninggalkan semua kesibukan pikiran dan hati terhadap dunia. misalnya kita memiliki masalah yang pelik maka tinggalkan masalah itu dan menghadaplah kepada Allah. Pertahankan posisi ini maka anda akan mendapatkan ketenangan. semakin tenang berarti semakin tumakninah.

Sikap tumakninah seperti inilah yang menyebabkan jiwa kita mampu menangkap ilham yang diturunkan Allah SWT. maka jalankan sholat dengan tenang, tenangkan pikiran tenangkan hati dan tenangkan jiwa dengan ketenangan maka Ruh kita akan mudah kitakembalikan kepada Allah. inilah kesadaran tertinggi dalam sholat.

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

5 thoughts on “Bagaimana agar sholat menghasilkan ilham …

  1. Ass Wr Wb
    Subhanallah untuk mencapai ketenangan sangatlah sulit tapi saya tetap berusaha dengan segala cara semoga dengan metode ini saya bisa melaksanakan sholat dengan baik dan benar terima kasih ya pak ustad wassalam

  2. jika kita telah mencapai taraf ma’rifat, masih perlukah mengerjakan sholat syariat?
    sebelumnya trimakasih atas jawabanya.

      • trimakasih atas pencerahanya..
        perlu saya saya jelaskan mengapa saya bertanya dmikian, ditempat saya ada sekelompok orang yang mengaku ngaji laku ma’rifat. yaitu dengan wirid dan dzikir ditambah bacaan2 lain yang sebagian juga ada dalam alqur’an.
        awalnya mereka masih melakukan / mempersilahkan sholat wajib, namun setelah mencapai level tertentu (katanya level ma’rifat) malah disuruh meninggalkan sholat wajib.
        mohon pandangan dari pengasuh mengenai hal ini terutama arti ma’rifat itu spt apa dan apa benar yang sudah ma’rifat boleh meninggalkan yang syari’at, mengingat ada keluarga yg masih menjadi tanggung jawab saya sudah terlanjur mengikuti ajaran ini.
        trimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *