bagaimana bisa menunggaling kawulo gusti kalau aku tiada

islam tidak mengajarkan menunggaling kawulo gusti tapi islam mengajarkan ke fana an. Fana sangat berbeda dengan manunggal. Kita tidak perlu takut untuk terus sadar Allah dengan dzikir nafas. dalam sadar Allah dan dzikir nafas anda akan memauki alam ketiadaan bukan alam kebersatua dengan tuhan, atau manunggal dengan Allah. Jika anda manunggal  berarti anda belum fana maka segerakan dengan memfanakan ego. Orang yang sudah merasa menunggal bisa meninggalkan shalat karena sudah bersatu itu jelas bukan dari islam. tapi kalau fana anda tetap bisa shalat yaitu shalat yang tanpa ego, orang yang fana tetap bisa bekerja karena mereka bekerja tanpa ego. Nah perlu kita pahami benar benar hal ini.

Bagi jamaah DN yang akan memasuki wilayah ini dan ketakutan untuk masuk wilayah ini sebaiknya konsultasikan dengan saya atau senior jamaah DN yang sudah lama.

saat ini saya mengembangkan bagaimana fana untuk kerja , fana untuk kehidupan duniawi. pertemuan besuk di surabaya dengan jaamaah DN jawa timur saya akan menegaskan tentang memasuki alam kefanaan ini. sehingga hidupnya di dunia bahagia dan tidak merasa kekurangan suatu apa.

baik, jadi dzikir nafas pada level empat adalah wilayah fana. mungkin ada yang sudah masuk ada yang belum ,. bagi yang belum saya harapkan terus mendekat kepada Allah dan terus berlatih sebab yang mengangkat masuk ke wilayah fana bukan kita sendiri tapi yang mengangkat adalah Allah SWT.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *