Saya baca beberapa buku tentang tarot, ramalan yang diberikan berdasarkan konsep sinkronisasi. Sinkronisasi antara bawah sadar kolektif ataupun bawah sadar personal. Nasib manusia berdasar konsep yang digunakan dalam tarot seperti garis linear (grafik x dan y). dalam meramal menggunakan kartu, kartu merupakan simbolisasi dari nasib ke depan, yang tersinkronisasi dengan bawah sadar.

Dalam psikologi wilayah bawah sadar adalah wilayah Jin, syetan dan sesuatu yang negatif (bedakan dengan wilayah supra sadar yaitu wilayah keTuhanan). Kalau ramalan dengan simbol simbol bawah sadar maka saya berani untuk mengatakan bahwa ramalan tarot adalah haram.

sekarang bagaimana ramalan dalam islam? dalam islam ada konsep tentang firasat (hati hati lah dengan firasat nya orang yang beriman). kalau firasatnya orang beriman berarti ramalan (firasat) yang didasarkan pada alam supra sadar (beriman kepada Allah). Ciri utama ramalan yang syar’i adalah tidak adanya simbol apapun tapi jelas merupakan ilham atau firasat yang diturunkan dalam hati dan aql, sehingga menjadi pemahaman riil. jadi kalau menggunakan simbolisasi maka itu haram, kalau asli firasat dari Allah maka ramalan itu halal.