Bagaimana “patrap” di jaman Rasulullah

Ya mestinya tidak ada istilah patrap di jaman rasulullah karena memang patrap dari bahasa jawa. Tapi beliau mengajarkan patrap kepada para sahabat dalam bentuk perilaku yang nyata tidak dalam bentuk pelatihan atau apa. sekarang bagaimana jaman rasulullah, Rasulullah mengajarkan patrap sehingga para sahabat benar be nar bisa yakin kepada Allah.
Jaman rasulullah adalah jaman perjuangan dan jaman perang, Hidup Beliau banyak mengalami tekanan tekanan dari kaum quraisy. Pada jaman tersebut tidak kekuatan yang diandalkan hampir tidak ada , tidak ada penegak hukum, polisi, hakim, jumlah jamaah yang sedikit… sehingga dalam keterkanan ini kepercayaan kepada Allah sangat kuat, beliau sangat menekankan yakin kepada Allah. Keadaan yang terjepit dan keadaan yang serba terbatas membuat para sahabat sangat mudah untuk mengandalkan Allah dalam setiap perjuangan.
kekuatan ke Allah yang sangat kuat ini dalam keterdesakan yang sangat nyata membuat Para sahabat benar benar ditempa untuk hanya mempercayai Allah dan taat kepada Allah.
keadaan ini hampir mirip dengan latihan patrap, dimana dalam keadaan yang kita sengaja kita hanya bergantung kepada Allah. Maka ada patrap gerak Patrap gerakmelatih kita untuk hanya bergantung kepada Allah ketika tubuh terlempar, tubuh terbanting, tubuh berputar. Pada saat yang demikian kepasrahan harus total kepada Allah.
nah disinilah persamaan keadaan yang kita latih dalam patrap dengan keadan ketika jaman Rasulullh. Pelajaran yang kita tekankan adalah kebergantungan kepada Allah. Kalau tidak dengan patrap rasanya susah, sebab kita mudah bergantung kepada orang lain. misalnya masalah keamanan hidup kita bergantung kepada petugas keamanan, masalah ekonomi kita bergantung kepada tetangga sekitar, masalah lainnya kita masih bisa minta tolong kepada selain Allah. Terlebih hidup di indonesia yang segalanya tersedia, bahkan jasa dukun, paranorma pun tersedia yang menawarkan bantuan ghoib.
maka saya sarankan untuk anda bisa belajar patra, anda akan merasakan betapa dengan keadaan yang terbanting, diputar, kadang sampai mual dan mutah, anda bergantung kepada Allah dan Allah pun menurunkan pertolongan keghoiban sehingga menambah keyakinan kepada anda…..

One thought on “Bagaimana “patrap” di jaman Rasulullah

  1. ass,
    Pak Novanto saya berharap sekali bisa membaca buku buku tulisan bapak tapi belum dimampukan mendapatkannya mudah mudahan saya bisa disegerakan bisa membaca buku buku itu amin ya rob.

    qomari
    sda jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *