bagaimana sholat dapat membentuk karakter

kunci dari pada akhlak adalah berakhlak kepada Allah terlebih dahulu baru kemudian nanti akan berdampak kepada manusia. Berakhlak kepada Allah akan menyebabkan kita berakhlak siang malam non stop 24 jam karena Allah bersama kita dan selalu mengawasi kita. Nah di dalam sholat semua yang kita lakukan baik gerakan maupun bacaan sholat adalah ekspersi akhlak kita kepada Allah. misalnya akhlak berserah, ahklak memuji, menghormat, berdoa dan seterusnya. Jika semua bacaan dan gerakan sholat ini benar benar kita lakukan dengan segenap jiwa maka kita akan mendapatkan jiwa yang berahlak kepada Allah.

Jiwa yang berakhlak ini nantinya akan menyebar dalam aktivitas kita sehari hari (sholat daim) terutama ketika kita berinteraksi dengan manusia dan alam sekitar kita. bagaimana sikap sujud kita kepada Allah menyebabkan kita mampu untuk menghargai manusia menghargai alam, tidak merendahkan apalagi berbuat kerusakan. Sikap memohon kepada Allah dalam duduk iftirasy menyebabkan kita mampu meyakini hidup kita di tanggung Allah dan kita tidak merasa khawatir lagi dengan apa apa yang terjadi, rasa tenang, rasa damai akan selalu mennyelimuti jiwa orang yang duduk iftiras dengan benar.

itu baru duduk iftirasy dan baru sujud nantinya akan banyak sekalu pengaruh sholat dalam diri kita. jadi kuncinya adalah berakhlak kepada Allah maka kita akan berakhlak terhadap ciptaannya.

menyinggung pendidikan karakter yang ada di dunia pendidikan saat ini sebaiknya anak didik harus diajarkan bagaimana berakhlak kepada Allah. anak didik harus sejak dini bagaimana bersujud dengan benar di hadapan Allah SWT. Pendidikan karakter bukanlah terori  akhlak tapi lebih sisi praktek yaitu mempraktekan bagaiman taat kepada Allah SWT.

___________________________________________

Insya Allah 7 Juni 2014 Program di Terengganu Malaysia

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 thoughts on “bagaimana sholat dapat membentuk karakter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *