Bahagia di Usia Senja

insya Allah nanti sore saya akan siaran di radio mentari FM dengan topik bahagia di usia senja.

acara katalog kita KATA PSIKOLOG KITAtopik ini merupakan topik meraik saya kira terutama bagi mereka yang berada pada usia usia 50an keatas. disaat anak anak sudah mulai berkeluarga dan meninggalkan rumah, disaat itulah biasanya kesepian, kesendirian, dan merasa ditinggal anak mulai dirasakan. keadaan ini sedikit banyak akan mempengaruhi keadaan mental dan jiwa , dan jika berlanjut akan menimbulkan sindroma sindroma seperti sulit tidur, sensitif, pencemas, khawatir dan lain sebagainya dimana seringkali sindroma ini disebut dengan sindroma sangkar kosong.

masalah lain di usia senja adalah masalah bekerja… terutama mereka yang pegawai atau karyawan memasuki masa pensiun memerlukan adaptasi. tak kalah seriusnya adalah masalah seksual di usia senja .. hal ini biasanya terjadi pada wanita dimana menginjak masa masa menopause, keadaan ini jika tidak diterima maka akan menimbulkan rasa kurang percaya diri, rasa tidak diterima suami, dan perasaan perasaan lainnya.

ada bebarapa tips yang mungkin bermanfaat yang bisa mengurangi perasaan negatif ketika menginjak usia senja.. antara lain :

1. Cobalah untuk mulai membicarakan mengenai kesedihan yang dialami.

2. Dukungan dari orang-orang disekitarnya serta teman-teman terdekat juga sangat membantu seseorang merasa lebih baik.

3. Menjalani kembali kegiatan hobi yang bisa membuat seseorang tidak terlalu terfokus pada anaknya.

4. Buatlah rencana liburan keluarga dan menikmati pembicaraan yang panjang serta mulailah untuk memberikan anak privasi yang lebih

dan tips yang paling HOT adalah pasrah total ke Allah…. persiapan pulang innalillahi …..wainnailahi rojiuun……

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *