bahagianya jadi orang indonesia….

ketika perjalanan menuju Malang beberapa waktu lalu dalam rangka pelatihan sholat khusyu dan pengenalan patrap saya berangkat menggunakan kereta api eksekutif gajayana dan berangkat dari stasiun balapan pukul 02 pagi. saya pun berangkat dari rumah jam 01 dini hari. sesampai di loket,  yang jaga loket pun berkata kalau kereta terlambat 3 jam saya kaget tapi langsung bisa santai … ya sudah lah… saya pun menunggu . tak lama kemudian datanglah rombongan turis asing yang hendak pergi ke malang … ketika tiba di loket ketua rombongan turis tersebut nampak marah dan jengkel… bapak yang jaga loket pun manggil saya … minta tolong untuk menjadi penterjemah..dan saya pun emngatakan bahwa turis turis ini marah marah kenapa kereta terlambat tidak telp dia… dan dia harus menunggu di stasiun 3 jam….

dalam hati saya … bahagia nya jadi orang indonesia…. dan ternyata juga sama dengan para penumpang lainnnya yang saat itu naik kereta yang sama, ketika mengetahui kereta terlambat dengan tenangnya mereka langsung duduk di kursi tunggu atau berjalan jalan cari makan…. sangat beda dengan turis tadi…. benar benar bahagia jadi orang indonesia…. bayangkan naik kereta EKSEKUTIF bayar mahal …. terlambat 3 jam, wah kok nggak pada marah ya…. sekali lagi bahagianya jadi orang indonesia.

ternyata hidup paling nyaman dan bahagia adalah di indonesia terutama di jawa. boleh ditanya mereka yang pernah hidup diluar jawa dan hidup di jawa.. pasti lebih enak di jawa. di jawa punya uang sedikit masih bisa makan sambil minum bayangkan kalau makan dan minum cukup bayar Rp. 2000,- seribu untuk minum seribu untuk makan nasi bandeng…. itupun masih bisa nongkrong sambil duduk sepuasnya…. coba kalau ditempat lain…

bagaimana dengan kedisiplinan dan ketertiban… oh jangan kaget meski disini  ketertiban dan kedisiplinan sangat kurang tapi mereka enjoy… terlambat kerja …. ok, tak apa, terlambat bayar ini dan itu… dimaafkan, kedisiplinan.. lebih lebih…. buang sampah sembarang … juga tak apa, putar musik keras keras di rumah .. tak apa… jadi meski tidak karuan kita tetap bahagia karena kita bisa menerima ketidak tertiban dan ketidakdisiplinan…

ada sebagian yang mencela “ah.. orang indon pasti kerjanya tidak bener….” eit nanti dulu justru kerja yang tidak benar inilah yang menimbulkan kreativitas.. ESQ dari mana? shlat khusyu dari mana? bahkan orang indonesia terutama jawa dikenal sejak dulu tempatnya orang orang yang cerdas … menurut saya ini karena kebebasannya dalam berpikir …..

pokoknya bahagia deh.. jadi orang indonesia. dikatakan indonesia negara miskin, negara koruptor, negara .. pokoknya yang negatif2.. tapi jangan salah ternyata label label negatif tersebut tetap membuat orang indonesia tetap hidup bahagia.

kata iklan rokok djarum 76….. yang penting HAPPY……………………..

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

0 thoughts on “bahagianya jadi orang indonesia….

  1. Wah Pak Ustaz, saya tumpang gembira ya. Semua org pasti bangga dengan tempat asalnya kan? Kalau begitu kita semua pasti lebih berbangga kerana ruh kita semua berasal dari “tempat” yang sama. Pasti kita boleh bersatu dan berkasih sayang kerana rupanya kita semua “satu negara”. 🙂

  2. Assalamualaikum

    Tumben topiknya aga beda. Intermezo dikit ya Pak. Saya bs paham kalau turis2 asing itu pada kesal, karena memang jadul kereta misalnya di negara2 maju itu sangat ontime, bahkan sampai ke detik2 keberangkatan.

    Di Indonesia itu banyak excuse he he. Ini yg kadang jadi ironi, negara dg jmlh muslim terbesar tp berkelakua terbalik dg ajarannya.

    ya betul, dinikmatin saja dimanapun kt berada.

    Wassalam,

    • iyA bU SAYA PERNAH DENGAR DI NEGARA JEPANG…SAK DETIK2 NYA ….. KALAU KERETA DI INDONESIA HARUS BANYUAK SABARNYA… DAN JAM KETIBAAN JANGAN DIPERCAYA PASTI MOLOR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *