Bahaya durhaka kepada guru spiritual

Saya ambil contoh, jika kita awalnya belum bisa menjalankan sholat khusyu kemudian kita belajar dengan guru dan ustad abu Sangkan. Dari belajar kepada Beliau kita mendapat kan banyak hal dalam sholat. Lalu ditengah-tengah perjalanan selama berguru kepada beliau kita mengalami suatu masalah yang menyebabkan kita jengkel dengan Ust Abu, Kejengkelan ini sangat bahaya karena termasuk mendurhakai guru. akibat dari jengkel kepada beliau adalah apa apa yang pernah diajarkan oleh beliau akan kita tolak juga secara bawah sadar akibatnya kekhusyuan yang pernah beliau sampaikan dan kita rasakan manfaatnya lama lama akan hilang dalam diri kita, naudzubillah mindzalik.

guru yang pernah mengajarkan kita terutama mengajarkan jalan hidup, apapun yang dia lakukan jangan membuat kita jengkel sebab akan merusak apa apa yang pernah beliau ajarkan. Jika kita menghadapi masalah dengan guru tetaplah agar tidak jengkel dengan guru tersebut, minimal tidak suudzan.

Siapapun guru itu harus kita hormati, jika tidak cocok dengan pendapatnya maka sebaiknya diam. jangan menanyakan, mendebat bahkan menghujat. Mungkin bagi guru spiritual hujatan murid tidak membuatnya sakit hati, namun secara otomatis (bawah sadar) akan terjadi kontra terhadap apa yang dia ajarkan. Sehingga bisa saja ajaran guru tersebut putus atau tertolak, hal inilah yang menyebabkan apapun yang diajarkan guru kita tidak akan paham paham.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

9 thoughts on “Bahaya durhaka kepada guru spiritual

  1. Betul sekali mas pur… Kalau sampai aliran listriknya putus dari central,alangkah malangnya,mau nyolokin lampu,kulkas,ac dll ga bisa hidup..nauzubillahiminzalik..

  2. saya rasa anda harus menyimak lagi ttg apa yg jd buah pikiran kita bisa beranakpinak spt yg disampaikan ust yusdeka putra. karena menurut saya tulisan anda ini terlalu berlebihan. lha kalo gurunya mbalelo, malah dosa kalo diam aja. lebih jauh kalo gurunya durhaka sama Allah ???
    saya rasa artikel subyektif kayak gini ga usah dipost deh (tp sy tidak tahu niat anda kan..)

  3. terimakasih ibu reita atas pendapatnya, kalau saya misalnya gurunya salah ya jika saya muridnya maka saya tinggal pergi…. kalau guru bu Reita pasti Bu reita tidak akan tinggal diam sebab Bu reita akan dosa kan, nah ini berbeda dengan saya. maaf jika saya berbeda Bu.
    kalau mengenai penulisan ini tidak perlu di post saya kira ini hal seseorang menulis di blognya pribadi, saya memang membuka pintu blog saya untuk siapapun yang mau baca. tapi kalau menyuruh saya menyembunyikan barang miliki saya di rumah saya sendiri nampaknya ini terlalu berlebihan bagi tamu saya. untuk ini saya minta maaf Bu

  4. Assalamualaikum wbt,
    Saya sangat bersetuju kerana perilaku murid yang menuntut ilmu mestilah menghormati gurunya. Baik menuntut ilmu apapun sangat wajar sang murid beradab dengan gurunya dan tidak boleh memperlekehkan gurunya. Barulah ilmu yang dituntut berkat dan lekat dihati murid. Lebih-lebih lagi dengan guru spiritual kerana ada link ilmu, justeru jaga etika perguruan.Terima kasih Ustaz.

    • waalaikum salam wr wb
      Adab kepada guru akan menguatkan kita untuk mempraktekan apa yang dia ajarkan kepada kita. Semoga kita dijadikan murid nurid yang hormat kepada guru atau siapapun yang telah mengajarkan kita. amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *