Bahaya durhaka kepada guru spiritual

Saya ambil contoh, jika kita awalnya belum bisa menjalankan sholat khusyu kemudian kita belajar dengan guru dan ustad abu Sangkan. Dari belajar kepada Beliau kita mendapat kan banyak hal dalam sholat. Lalu ditengah-tengah perjalanan selama berguru kepada beliau kita mengalami suatu masalah yang menyebabkan kita jengkel dengan Ust Abu, Kejengkelan ini sangat bahaya karena termasuk mendurhakai guru. akibat dari jengkel kepada beliau adalah apa apa yang pernah diajarkan oleh beliau akan kita tolak juga secara bawah sadar akibatnya kekhusyuan yang pernah beliau sampaikan dan kita rasakan manfaatnya lama lama akan hilang dalam diri kita, naudzubillah mindzalik.

guru yang pernah mengajarkan kita terutama mengajarkan jalan hidup, apapun yang dia lakukan jangan membuat kita jengkel sebab akan merusak apa apa yang pernah beliau ajarkan. Jika kita menghadapi masalah dengan guru tetaplah agar tidak jengkel dengan guru tersebut, minimal tidak suudzan.

Siapapun guru itu harus kita hormati, jika tidak cocok dengan pendapatnya maka sebaiknya diam. jangan menanyakan, mendebat bahkan menghujat. Mungkin bagi guru spiritual hujatan murid tidak membuatnya sakit hati, namun secara otomatis (bawah sadar) akan terjadi kontra terhadap apa yang dia ajarkan. Sehingga bisa saja ajaran guru tersebut putus atau tertolak, hal inilah yang menyebabkan apapun yang diajarkan guru kita tidak akan paham paham.