bahaya membenci orang yang sholatnya khusyu

ternyata manusia itu memiliki ciri khas, jika membenci suatu kebaikan maka dia tidak bisa menggapai kebaikan tersebut. jika orang membenci orang yang senang umrah maka dia tidak akan mampu umrah, jika membenci orang yang sedekah maka dia tidak akan menjadi ahli sedekah. Demikian pula orang yang membenci orang yang sholatnya khusyu bisa dipastikan sholatnya tidak akan bisa khusyu. berhati hatilah dalam membenci kebaikan.

berapa banyak orang yang tidak khusyu membenci orang yang belajar khusyu. kadang bencinya karena dia sendiri tidak bisa melakukan khusyu. rasa iri inilah yang menyebabkan kebencian tersebut. rasa iri ini akan menyebabkan orang tersebut tidak mampu melakukan apa yang diirikan.

maka jangan lah kita membenci kebaikan orang, sebaiknya kita mengapresiasinya, ataupun menghargai orang yang telah berbuat baik. sehingga kita, meski belum bisa melaksanakan atau melakaukan perbuatan baik seperti yang dilakukan orang lain suatu saat akan dapat melakukannya.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

19 thoughts on “bahaya membenci orang yang sholatnya khusyu

  1. Assalamu’alaikum Wr Wb.
    Semoga Pak Ustad selalu dirahmati Allah SWT, Benci dalam kebaikan itu akan menjauhkan kebaikan itu sendiri dari yang membencinya, tapi ada falsafah jawa yang berbunyi jangan GETING nanti akan NYANDING ( GETING = BENCI ) tapi anehnya falsafah ini tidak berlaku untuk kebaikan dan jangan coba-coba orang baik untuk BENCI ( GETING ) dengan keburukan nanti orang baik itu akan kecebur masuk areal keburukan itu tanpa orang yang baik tadi menyadarinya.
    Masalah iri banyak ustad menyampaikan tausiahnya kita tidak boleh punya rasa iri tapi ada yang boleh punya rasa iri itu asal iri terhadap orang yang berbuat baik supaya kita terpacu untuk berbuat baik. nah kalau begini kan rancu dengan pencerahan dari Pak Ustad apa bisa dipisahkan arti IRI DENGAN NGIRI ( JAWA ) mohon penjelasannya Pak Ustad supaya kita khusunya saya mendapat kepahaman dari Allah SWT.
    terima kasih wassalam.

    • waalaikum salam wr wb terimakasih wawasannya Pak Busroni
      mengenai membenci orang yang baik maksud saya adalah membenci dengan bahwa orang baik tersebut dapat menjalankan sedangkan yang membenci tidak dapat melakukan. Iri disini dalam artinya iri yang jelek bukan yang baik. kalau orang iri baik maka akan memotivasinya untuk berbuat baik tapi jika irinya tidak baik maka yang terjadi adalah semakin tidak baik. demikian kira kira pak.

  2. Semoga yang sudah sampai pada mendapatkan karunia khusyu semakin dimudahkan dalam menebarkan manfaat untuk ummat amiin

  3. orang sholat kok takut dibenci???
    wahai ustad kitab anda buatan orang apa kalam ?
    tulisan anda itu sepertinya hendak menghukum orang2 patrap luar biasa, ustad
    anda membuat ilmu anti benci dengan membenci..sy tunggu debat anda

  4. pak guru yangterhormat,

    khusuk adalah pemberian Allah jangan dijadikan tameng untuk membenarkan orang yang mengaku sholatnya khusuk.tapi pada kenyataannya masih suka memfitnah dan memecah belah, mohon dipahami.

  5. pak guruh yang terhormat

    saya punya cerita nih,
    salah satu guru sholat khusuk pernah saya jumpai tidak melakukan sholat magrib karena mengikuti hawa nafsunya….
    menurut anda apakah benar ? hahaha…….

  6. pak guru yang terhormat,

    sejauh yang saya tau dulu anda adalah sosok yang pintar, tulus dan berwawasan luas,tapi setelah membaca tulisan tulisan anda mengapa anda berfikiran sempit tidak universal,ingat kembalilah kepada kesejatian!!!!!!!!!!

      • Guru juga manusia ustad????
        sy pernah membaca buku yg bagus judulnya “berguru kepada ALLAH”
        jd msh ada ya ustad org yg mau disebut “guru”???
        Sy jd teringat jg cerita dr teman ada seorang (yg mungkin tepat disebut “ahlul bait”) yg tidak mw disebut atau lebih tepatnya tidak mau dianggap sebagai “guru” tp beliau lebih menghargai jika dianggap bapak atau sahabat bahkan beliau pernah menulis surat untuk yg sama sama belajar. Sungguh menurut sy pribadi beliau adalah org yg betul betul mengerti tentang guru sejati..
        tetapi saat sy tanya ke teman saya siapakah beliau..
        sang teman juga menjawab ‘setelah kamu mengerti cerita sy apakah msh penting untuk mempertanyakan siapakah beliau’ disitu kemudian sy mengerti apa yg teman maksudkan..alhadulillahirabbilalamin..
        wassalam…

          • Salam..
            wah pak ustad maaf sy komen diatas adalah betul pak mksd sy betul dlm arti yg hakiki..bkn bercanda/arti sempit mengatakan anda guru sekolah atau dosen PT..sy betul betul mencari jalan ketuhanan pak bkn mencari siapa guru siapa dosen..alhamdulillah sy berterimakasih kepada ALLAH jika anda seorang dosen..sy mohon jawaban dr pak ustad juga dgn bahasa ketuhanan pak jgn dibawa ke arah dunia lg..
            maaf sblmnya pak ustad..krna tekad sy disini juga meneguhkan utk berjuang melihat wajah ALLAH..
            Sy mohon utk tetap menjawab segala kebodohan diri ini..
            salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *