beda ahli agama dengan orang beragama

jelas beda antara ahli agama dengan orang yang menjalankan agama atau orang beragama. seorang ahli agama adalah mereka yang betul betul mengetahui seluk beluk agama misalnya hadisnya hafal… qurannya hafal… bahkan tafisr ini tafsir itu dia hafal betul… sampai sejarahnya turunnya tiap ayat sangat hafal di luar kepala…. fiqh dia hafal dari berbagai madzhab…. diundang sana sini untuk berbicara masalah agama. masalah quran,, hadis…. mengajar tajwid dan seterusnya dan seterusnya. mereka lah ahli agama yang kalau berdiskusi mengajak debat sampai subuh pun dijalani… setelah subuh samapi magrib pun di lakoni…. itulah ahli agama. ┬átapi mereka sebatas ahli… sebatas tahu, sebatas ngerti, sebatas knowledge….. nah ahli agama ini belum tentu dia menjadi orang beragama, misalnya dia tahu tapi tidak mengamalkan, tahu sabar tapi tidak sabar, tahu menuduh orang negatif itu tidak baik.. masih saja dilakukan, mereka tahu menyalahkan orang sana sini, bahwa orang itu kafir, orang itu syirik…dll itu tidak baik masih saja hobinya menyalahkan sana menyalahkan sini… membidahkan kemlompok ini kellompok itu… dan seterusnya. seolah oleh banyak nya pengetahuannya tentang agama membuat dia / mermeka terjebak dalam kesombongan intelektual, kesombongan ilmu…. yang terwujud dalam suka debat, suka menyalahkan tapi dia sendiri pengalaman agamanya minim atau bahkan nol.

tipe tipe ahli agama ini kalau dia menjalankan sholat karena dalam fiqhnya disuruh sholat…. ini memang kelihatannya benar namun akan sangat berbahaya …. coba… kita cermati … dia nanti akan sholat sekedar sholat, sholat tanpa makna, sholat tanpa rasa..

sangat berlainan dengan orang bergama , orang beragama ini dalam menjalankan agamanya dia sangat paham kenapa Allah memerintahkan dia sholat, kenpaa Allah memerintahkan dia puasa…. sehingga argumen kenapa Allah inilah yang menjadi landasan kuat bagi dirinya untuk menjalankan seluruh ibadah dan seluruh amal kebaikan seperi yang diperintahkan Allah dalam Quran dan hadis.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

0 thoughts on “beda ahli agama dengan orang beragama

  1. smg qta dimampukan Allah SWT menjadi orang yang beragama dan sedikit demi sedikit menjadi ahli agama.

  2. Ass.wr.wb
    kata dasarnya sama agama. cuman beda ahli sama ber.. bedanya kok jomplang betul. tolok ukurnya ngga jelas. padahal para alim ulama seorang ahli agama semua.. berarti ngga betul dong sholatnya..
    banyak juga mengaku beragama,, tapi lakunya seperti tidak beragama
    maaf mas.. salam kenal
    Wassalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *