Beda khusyu dan rasa khusyu

Belajar khusyu jika tidak paham bedanya khusyu dan rasa khusyu akan memperlama dalam proses mendapatkan rasa khusyu. Belajar khusyu harus berlandaskan quran sedangkan praktik nya melalui hadis hadis yang banyak di contohkan rasulullah. ketika kita keluar dari quran dan hadis maka hal itu bukanlah khusyu seperti yang dimaksudkan oleh islam. baik yang pertama tentang khusyu, khusyu adalah suatu perilaku kita, atau apa yang dapat kita lakukan. kalau khusyu semua orang mampu melakukannya. khusyu yang maksud seperti apa yang termaktub dalam quran surat al Baqoroh 46 bahwa khusu adalah yakin bertemu dengan Allah dan berserah kepada Allah. jadi jika kita dalam sholat kita melakukan pertemuan dengan Allah dan berserah kepada Allah maka kita sudah melakukan apa yang dinamakan dengan khusyu.

Yang kedua adalah rasa khusyu. Rasa khusyu ini adalah pemberian Allah karena kita telah melakukan perbuatan khusyu. Karena rasa khusyu ini adalah pemberian maka terserah Allah untuk :

  1. memberikan atau tidak memberikan itu hak mutlak Allah
  2. seperti apa rasa itu tergantung dari Allah
  3. Seberapa lama rasa khusyu itu diberikan Allah itu juga tergantung dari Allah

jika kita paham akan bedanya khusyu dan rasa khusyu ini maka kita tidak akan merasa kecewa jika solat kita tidak ‘berasa apa-apa”. Karena memang bukan urusan kita mendapatkannya. sekali lagi karena itu sudah hak Allah maka tidak mendapatkannya pun tidak mengapa, yang penting kita sudah melakukan tugas kita untuk khusyu yaitu melakukan pertemuan dengan Allah dan berserah kepada Allah.

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One thought on “Beda khusyu dan rasa khusyu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>