beda meditasi dengan sholat khusyu

satu hal yang membedakan terkait dengan masalah kognitif adalah kalau meditasi menggunakan fikiran sedangkan sholat khusyu menggunakan kesadaran. meditasi memfokuskan pada satu titik fokus sedangkan sholat khusyu tidak memfokuskan fikiran namun menggunakan kesadaran yakni menyadari dimensi spiritual Allah SWT.

inilah ketinggian nilai sholat yaitu pada nilai kesadarannya, kenapa lebih tinggi dari pada meditasi karena fikiran akan mengikuti kesadaran sedangkan kesadaran tidak mengikuti fikiran, jadikan lebih tinggi kesadaran. orang sering kali menyamakan antara kesadaran dan fikiran padahal ini hal yang sangat berbeda. antara tubuh dan fikiran juga beda, antara fikiran dan kesadaran tentunya juga beda.

orang yang sholat seringkali terjebak pada mengolah fikiran pada hal bukan, maka sering dikeluhkan semakin saya mengosongkan fikiran , maka fikiran semakin tidak karuan.

latihan kesadaran ini jika tidak ditemukan dan dilatih membuat kita sulit untuk melakukan sholat khusu, nah metode untuk melatih kesadaran spiritual ini adalah dengan metode patrap. dengan latihan patrap yang intens kesadaran akan Allah akan tumbuh dan kesadaran ini kita gunakan dalam sholat kita.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

3 thoughts on “beda meditasi dengan sholat khusyu

  1. Pernah kenal meditasi tanpa obyek Pak Pur ?
    Meditasi ada banyak macamnya misal- Vipasana – itu yg menggunakan nafas sebagai obyek setahu saya meditasi tertinggi adalah meditasi tanpa obyek – ini diajarkan juga pada agama lain…Meditasi gerak itu Yoga kalo saya bilang sholat mempunyai “bacaan dam gerak” khusus begitu juga tata tertibnya….bacaan dan geraknya beda dengan teknik manapun…
    Kesadaran sudah di selami sejak dulu para master Zen seperti Huineng…apa yg belum diajarkan Alloh pada kita ??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *