kalau kita merasa diampuni Allah berarti kita masih ada keraguan  bahwa kita belum diampuni Allah sepenuhnya ,  Sedangkan yakin bahwa Allah mengampuni maka tidak ada keraguan dalam diri kita. sangat berbeda ketika duduk iftirasy kita membaca robbighfirlii (ampuni saya ya Allah) akan muncul 2 keadaan  yaitu merasa atau yakin kalau diampuni. nah jika kita masih merasa diampuni berarti kita belum sepenuhnya percaya bahwa diri kita bersih suci tiada dosa, tapi jika kita yakin bahwa Allah mengampuni maka diri kita akan suci dan bersih dari dosa.

reaksi bersih dari dosa biasanya akan terasa dalam emosi dan pikiran kita yaitu kita merasa tenang, emosi merasa kebahagiaan dan tentunya stress stress, kesedihan , kekahwatiran akan hilang. tapi jika kita masih merasa diampuni maka reaksi adalah kita masih belum merasa bahagia, ragu ragu, bahkan permohonan ampu bisa menjadi hal yang negatif yaitu merasa berdosa yang mendalam (guilty feeling) dimana hal ini akan merusak kejiwaan kita.

so.. jika kita duduk iftirasy kemudian membaca robbighfirlii maka yakinkan diri kita bahwa ALlah mengampuni semua dosa yang pernah kita perbuat. rasakankeyakinan itu hingga Allah membahagiakan hati kita.