Beda Usia Beda Kecerdasan

Ketika usia anak anak gunakan kekuatan otak untuk kecerdasan, tapi ketika usia sudah melewati remaja lebih banyak gunakan kesadaran untuk kecerdasan. Contoh misalnya, ketika usia anda sudah melwati 40 tahun maka jangan mempelajari al quran dari sisi menghafal karena anda akan stress hari ini dihafal hari ini juga sudah lupa. Gunakanlah kecerdasan kesadaran anda untuk mempelajari Al Quran yaitu dengan mendalami perintah Allah dalam setiap ayat yang di baca melalu quran terjemah.  Maka kita akan terkejut bahwa Al Quran ini serpti hidup dan berkomunikasi dengan kita (padahal disitulah cara Allah untuk mengajarkan kepada kita kita melalui kalam di al quran).

kalau kita balik anak anak yang diminta menggunakan kesadaran maka juga belum saatnya, dia harus banyak menghafal dan banyak mempelajari hal hal yang bersifat syariat. Anak anak mudah untuk menghafal 30 juz, tidak lebih dari 3 tahun, tapi kalau orang tua bisa sampai mati tidak akan hafal hafal.

Kita boleh semangat mempelajari al quran tapi kita harus tahu di usia berapa kita sekarang dan bagaimana kemampuan kita sekarang ini.  dengan mempelajari al quran yang disesuaikan dengan usia kita insya Allah kita akan mendapatkan manfaat yang sebesar besarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.