Belajar Makrifat… learning by doing with sholat

Sholat dapat digunakan untuk mengenal Allah secara langsung, artinya belajar makrifat harus langsung praktek. Jika belajar mengenal Allah diteorikan maka yang ada adalah bingung dan tidak paham paham. karena Allah sendiri lah yang akan memperkenalkan dirinya kepada kita. kesalahan orang belajar makrifat adalah banyak membaca buku dan banyak mendengarkan teori dari orang yang pinter berteori. sehingga tidak paham dan tidak paham.. karena metode nya saja sudah salah.

dengan sholat kita langsung diajak untuk berhadapan dengan Allah… mau nggak mau bisa nggak bisa kita harus yakin di dalam sholat bahwa kita bertemu dan berjumpa Allah, tidak ada lagi penghalang, tidak adalagi mursyid, tidak adalagi guru spiritual yang ada di depan kita adalah Allah.

Maka ketika sholat kita akan lebih  mudah dalam bermakrifat kepada allah. Allah akan memperkenalkan dirinya jika hamba meyakini  bahwa Allah Dia ada. mungkin pertama kita mengadakan Allah dengan terus berlatih menyadari bahwa Allah itu ada namun lama lama nanti hati kita akan dituntun untuk selalu bersama Allah, lama lama kita akan paham bahwa Allah ada dan semakin jelas.. (asma ul husna ..Adz Dzahir).

Lewat sholat ini lah kita betul betul learning by doing yaitu mempelajari makrifat dengan langsung mengenal Allah.

sementara juga, masih ada dari kita yang belajar makrifat melalui organisasi tarekat entah naqsabandiya, sadzaliyah atau yang lainnya.. namun tarekat tarekat ini masih ada hijab yaitu guru mursyid itu sendiri dimana kita harus melalui guru sebelum kita betul betul ke Allah (coba bandingkan bila kita sholat yang langusng ke Allah). mungkin cara ini juga memiliki dasar juga yaitu bahwa guru mursyid tersebut akan membawa kita kepada pemahaman spiritual seperti apa yang di alami oleh guru mursyid tersebut. namun kelemahan dari metode ini adalah bahwa kita tidak bisa melampui sang guru mursyid. untuk menghindari ini beberapa ahli tarekat menyarankan untuk lepas sendiri ketika sudah memasuki alam ketuhanan. jadi seperti satelit yang dudah dibawa meluncur pesawat induknya untuk lepas sendiri… jika demikian maka tidak ada lagi hijab dalam bertemu kepada Allah.

sholat, ketika Allahu Akbar maka kebesaran yang mutlak hanya Allah .. demikian .. (wah sebenarnya idenya masih ngalir ini tapi karena harus njemput anak.. sekian dulu insya Allah akan kami lanjutkan ..)

8 thoughts on “Belajar Makrifat… learning by doing with sholat

  1. saya ucapkan terima kasih atas tulisan bapak, saya ingin belajar lebioh jauh, bagaimana caranya, dan dari mana memulainya saya tidak hapal. saya mohon bapak sudi mengirimkan saran buat saya, sehingga saya bisa menjadi orang yang lebih beriman dan bertaqwa dimata Alloh Subhanahu wata’ala. amin
    saya ucapkan terima kasih sebelumnbya

  2. perjalanan kita untuk bertemu Allah dalam sholat dimulai dari NIAT, mulai sekarang niatkan diri kita untuk bertemu dengan Allah saat sholat dan kita jaga NIAT tersebut saat melaksanakan sholat. mungkin kita tidak akan langsung memperoleh hasilnya. setiap orang memiliki pengalaman berbeda2 untuk mendapatkannya, jalan yang ditempuh mungkin akan naik turun dan berkelok2, tapi kita jangan menyerah! tetap jaga niat suci kita. insya Allah dari berbagai pengalaman spiritual kita mencari Allah saat sholat, akan menjadikan diri kita lebih kaya akan pemahaman hubungan kita dengan Allah,insya Allah. Namun yakinlah, pada suatu saat Allah akan menemui hambanya dalam sholat,bagi mereka yang berusaha. Tetap Jaga Niat! semoga ini dapat membantu saudara pipin darimana sebaiknya kita memulai,

  3. wah kok gampang banget pak ..
    kepiye carane lan
    terus piye rasane ketemu Allah kuwi pak
    suwun tulisane nggih …

  4. wah mas Ajib, ya pokoknya gampang, caranya kita pasrah saja sama allah nanti allah yang akan tuntun kita untuk mengenalnya. rasanya bagaimana? ya nanti dirasakan sendiri saja.. nggih.. selamat mencoba

  5. Artikel Anda sangat membantu kami emahami agama dengan benar.Tapi bagaimana menguatkan kemauan agar rajin shalat. Apa kiatnya?Aku selama ini terpengaruh pemahaman yang menekankan INGAT saja. Tolong solusinya.Terima kasih.

  6. ingat merupakan modal utama untuk dekat ke allah, namun kalau hanya sekedar dekat.. kan terus mau apa… jadi harus ada interaksi..nah interaksi aktif dalam ingat allah ini di atur lewat sholat… kalau ingat kan sekedar ingat. tapi kalau ada takbir… ada sujud.. ada minta.. ada syahadat.. dan lain sebagaiya ini lebih komplit. hidup kan komplek tidak bisa diselesaikan dengan hanya ingat saja ke allah .. namun harus di hadapi dengan interaksi dengan allah yaitu tunduk sama allah, sujud sam allah, minta kepada allah dan lain sebagainya.. semoga mencerahkan pak….

  7. Terima kasih atas pencerahannya tentang follow up dari Ingat. Semoga Mas Setiyo tetap ìstipamah ngasih pencerahan buat kita-kita
    yang masih mencari kebenaran ini. Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *