belajar sprititul katanya kalau tanpa guru bisa sesat, ah masak iya? sebab sekrang ini banyak guru yang malah menyesatkan. ada yang mengajarkan amalan amalan, mengajarkan bacaan bacaaan, kesaktian, bahkan malah mengajarkan tidak sholat. kalau demikian nggak usah cari guru saja….

benar nggak usah cari guru, kenapa?

1. fungsi guru itu apa? fungsi guru sebenarnya hanya mengarahkan agar kita tidak melenceng dari tujuan awal yaitu ke Allah. dari awal hingga akhir tidak tujuan lain kecuali hanya ke Allah. So… kalau kita bisa menjaga kelurusan ini mengapa tidak kita lakukan sendiri. kalaupun pakai guru kalau guru tersebut malah membawa kita keluar dari jalur Allah?nah ternyata ini yang banyak terjadi.

2. sulit cari guru yang benar benar lurus ke Allah, ada sih… tapi tampangnya tidak seperti ahli makrfiat gitu… ya itu salah anda sendiri kenapa melihat dari tampangnya. Guru guru makrifat biasanya memang low profile… nah ini juga menjadi salah satu kesulitan dari pada mencari guru. makanya kita harus jeli bagaimana bisa mendapatkannya. Yang penting cirinya sedikit sedikit beliau bicara tentang Allah, bukan yang lain.

3.. anda sendiri yang kurang siap mental dengan perilaku guru makrifat, masak sih guru spiritual kok marah marah, you are unprofesional…. , yahh kebodohannya sendiri lah yang membuat dia tidak paham dengan perilaku guru makrifat tersebut. nah susah kan cari guru. nyarinya susah, begitu dapet, ehh mental simurid sendiri yang nggak siap. akhirnya nambah dosa sendiri kan…. lho kok malah jadi begini.. ya cari guru spiritual eh endingnya malah dosa…. piye tho iki…

baiklah kunci dari pada belajar spiritual adalah ihdinassiratal mustaqim,…… tunjukkan kami jalan yang lurus… pertanyaannya : (multiple choice) siapa yang memberi petunjuk berdasarka surat alfatihah ini ?

1. guru

2. mursyid

3. Allah SWT

4. Jin

5. Syetan

baik apa jawabannya … saya yakin anda pasti memiliki no 3. Siapa yang memberi petunjuk ke jalan yang lurus pasti Allah SWT, bukan siapa siapa termasuk pilihan ke 2 dan ke 1

untuk itu menurut saya kalau menurut surat al fatihah tadi kita seharusnya minta petunjuk kepada Allah SWT, bukan yang lain. Anggapan “orang orang pandai”yang katanya belajar tanpa guru itu sesat jelas bertentangan dengan ayat quran di atas. Sekarang silahkan pilih percaya “orang pandai” atau percaya surat alfatihah tadi bahwa Allahlah yang memberi petunjuk? nah itu kembali kepada anda.

kalau kita bisa lurus ke Allah , tidak ada keinginan lain misalnya ingin bahagia, ingin tenang, ingin sakti, ingin kaya, ingin selamat, ingin surga, dan keinginan lain selain Allah maka saya sarankan untuk memulai berjalan ke Allah.. nanti yang akan menjadi guru adalah Allah SWT.

cara saya ini tidak boleh digunakan untuk mereka yang masih mencari selain Allah misalnya ingin sakti, ingin masalah selesai, ingin selamat dunia akhirat, ingin bahagia, ingin surga dan sabagainya selain allah. Sebab ingin selain Allah ini bisa menjadi pintu masuknnya syetan.