berbakti kepada Guru

pengaruh guru sangat kuat dalam diri kita, ilmu ilmu yang pernah disampaikan dan sudah masuk dalam diri kita sangat dipengaruhi oleh sikap kita terhadap guru yang telah memasukkan ilmu tersebut. guru ibarat password yang mau tidak mau kita gunakan dalam menggunakan ilmunya. sederhana … selama kita hormat dan tidak KURANG AJAR kepada beliau maka password itu akan berfungsi tapi jika kita tidak hormat dan berbuat tidak menyenangkan maka password itu akan tidak lagi berfungsi.

bagaimana jika guru tersebut kurang baik menurut kita, ? yang penting adalah kita tidak kurang ajar saja… tetap hormati, dan jangan gunakan ilmu yang kurang baik alias tinggalkan, tapi inget tetap hormat dan santun. sebab kita secara ruhaniah tidak bisa meninggalkan beliau. selama kita menggunakan ilmunya doakan beliau dan hadiahkan fatihah untuk beliau.

bahaya jika sudah “menghianati” guru yang telah menginstal software dalam otak diri kita, software itu tidak akan jalan, dan kita tidak mudah untuk UNINSTALL kemudian diiinstal yang lain, tidak semudah itu. untuk itu ikatan guru murid tidak sekedar ikatan seperti kita dengan sahabat atau ikatan dengan teman … ikatan guru murid memiliki hubungan yang sangat mendalam dan ikatan tersebut hingga akhirat. guru tidak bisa lari dari tanggung jawab terhadap ilmu yang sudah diajarkan dan murid pun tidak bisa meninggalkan guru dengan kurang ajar kepada beliaunya.

untuk tetap berbakti, lihatlah ilmunya jangan lihat person nya, lihatlah jasanya …..