berbakti kepada Guru

pengaruh guru sangat kuat dalam diri kita, ilmu ilmu yang pernah disampaikan dan sudah masuk dalam diri kita sangat dipengaruhi oleh sikap kita terhadap guru yang telah memasukkan ilmu tersebut. guru ibarat password yang mau tidak mau kita gunakan dalam menggunakan ilmunya. sederhana … selama kita hormat dan tidak KURANG AJAR kepada beliau maka password itu akan berfungsi tapi jika kita tidak hormat dan berbuat tidak menyenangkan maka password itu akan tidak lagi berfungsi.

bagaimana jika guru tersebut kurang baik menurut kita, ? yang penting adalah kita tidak kurang ajar saja… tetap hormati, dan jangan gunakan ilmu yang kurang baik alias tinggalkan, tapi inget tetap hormat dan santun. sebab kita secara ruhaniah tidak bisa meninggalkan beliau. selama kita menggunakan ilmunya doakan beliau dan hadiahkan fatihah untuk beliau.

bahaya jika sudah “menghianati” guru yang telah menginstal software dalam otak diri kita, software itu tidak akan jalan, dan kita tidak mudah untuk UNINSTALL kemudian diiinstal yang lain, tidak semudah itu. untuk itu ikatan guru murid tidak sekedar ikatan seperti kita dengan sahabat atau ikatan dengan teman … ikatan guru murid memiliki hubungan yang sangat mendalam dan ikatan tersebut hingga akhirat. guru tidak bisa lari dari tanggung jawab terhadap ilmu yang sudah diajarkan dan murid pun tidak bisa meninggalkan guru dengan kurang ajar kepada beliaunya.

untuk tetap berbakti, lihatlah ilmunya jangan lihat person nya, lihatlah jasanya …..

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

0 thoughts on “berbakti kepada Guru

  1. Salam Pak,semuga dirahmati Allah.

    Memang benar guru harus dihormati kerana mereka menyampaikan ilmu Allah kepada kita.Guru telah dipilih oleh Allah sebagai perantara untuk menyalurkan ilmu Allah kpd muridnya.
    Saya waktu belajar dulu juga sering disuruh hormat guru dan hadiahkan Fatihah kpd mereka.Tetapi Pak Pur sampai saat ini saya tidak faham,kenapa harus baca fatihah sama mereka,apa rahsianya.Minta Pak jelaskan.Begitu juga bacaan fatihan kpd yg udah meninggal.
    Moga dgn pencerahan dari Pak Pur akan memecahkan kebuntuan saya yg sekian lama.Salam.

  2. As.wrb. Stuju ustadz.&melalui
    Web ini semoga jenengan dg ihlas&telah berkenan mnjadi guru kami, meskipun blajar scr langsung baru 1x wktu d kusuma sari. Semoga apa yg ustadz sampaikn brmanfaat bg kmi d dunia&akhirat. amin. syukron

  3. Alhamdulilah Ustad sangatlah disayangkan apabila ada murid tidak santun dan hormat pada guru bahkan andai guru itu sedang lupa dan khilafpun maka doakan ..Ustad maaf sesungguhnya menghormati guru itu apakah bisa diartikan sebagai ajimat sebab kok sampai selama itu softwarenya kuat hingga sampai hayat..jadi kata bahaya bila tidak santun pada guru itu terjadi apakah ada salah pogram dari guru itu sendiri itu ada.. atau bilakah mungkin seorang guru pun akan pudar kearifannya apabila sang gurupun doyo ihklasnya surut sebab ada sebuah nasehat yang saya dengar sulit menjadi guru bila hatinya lepas dari keihklasan..mohon petunjuk bagaimana agar menjadi guru yang kuat di ihklas..dan bagaimana jadi guru yang ihklas . slam.

    • keihlasan guru memang sangat menentukan keberhasilan murid dalam belajar terutama hal hal yang bersifat spiritual, sangat kental sekali dengan keihlasan dari seorang guru. sebenarnya dua duanya juga harus ihlas, duru mengajar ihlas dan murid belajar ihlas. untuk bisa menjadi guru yang ihlas harus memahami betul bahwa ilmu ini untuk jangka panjang yaitu amal jariyah, yaitu ilmu yang bermanfaat. selain itu setiap hari guru harus mengontrol keihlasannya mengajar…jangan sampai tekotori oleh niat selain karena Allah. peran murid pun sebenarnya sangat diperlukan hal ini yaitu membantu apa yang dibutuhkan guru di dunia ini. sehingga proses saling memberi ini akan semakin membuat guru ihlas dalam memberikan ilmu dan terjalin kasih sayang antara guru dan murid. dan tentunya ini akan membuat ilmu yg di diterima akan semakin berkah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *