berdakwah secara batiniah

dalam dakwah kita tidak bisa hanya mengandalkan dakwa dlohir saja seperti ceramah, mengajak orang berbuat baik, ada sisi batiniah yang harus dilakukan oleh Dai dalam mengajak orang untuk menjalankan agama dengan baik. prinsipnya bahwa orang mau melakukan sesuatu perbuatan harus ada dorongan, motivasi dan keinginan serta niat, nah hal tersebut hanya dapat dipenuhi dengan ajakan batiniah kita agar orang mau berniat dan berkeinginan. jika kita berdakwah tanpa mengindahkan laku batiniah maka orang tidak akan tergerak untuk melakukan seperti apa yang kita sarankan pada nya atau kalau dia melakukan pasti dengan keterpaksaan.
ada beberapa laku batiniah yang sebaiknya kita jalankan antara lain:
1. mensyukuri bahwa semua orang beriman kepada, bertauhid kepada Allah, ini penting sekali dari syukur inilah akan tervibrasi kepada semua orang dimana vibrasi syukur ini mengenai orang orang yang kita ajak atau yang kita ceramahi.
2. melakukan dari apa yang kita sampaikan, jadi kekuatan ucapan kita ada pada apa yang telah kita lakukan, misalnya kita mengajak sholat tahajud kita juga sholat tahajud, kita mengajak puasa kita juga sudah puasa.. dst