Berguru kepada Allah

kalau sudah cukup kita belajar kepada manusia maka saatnya kita belajar bagaimana berguru kepada Allah. Kalau ustad atau kyai sudah menyuruh kita untuk bergantung kepada Allah, kembalilah kepada Allah maka saatnya kita belajar langsung kepada Allah. Sebab ust atau kyai tidak akan bisa mengajarkan bagaimana berserah diri kepada Allah atau mengajarkan bagaimana kembali kepada Allah.

mulailah dengan berdoa dengan Ya Allah ajarilah kami berdzikir, bersyukur dan beribadah yang baik kepada Engkau. setelah itu gunakan ilmu sebisanya misalnya sebisanya berserah, sebisanya bergantung kepada Allah … dan yang pasti harus lurus ke Allah. Pada tahap ini tinggalkan ust atau kyai, teruslah mohon bimbingan Allah dalam mengadakan perjalanan kepada Allah. Bayangan anda terhadap ust atau kyai yang mengajarkan untuk ke Allah akan menghambat perjalanan ke Allah dan akan menghalangi pengajaran Allah yang Allah alirkan dalam diri kita.

Ust atau kyai hanya memberikan tahu saja hanya menyampaikan saja apa yang beliau ketahui, untuk bisa ke Allah untuk bisa berjalan menuju ke Allah wilayahnya sudah bukan wilayah Kyai atau ust ini sudah wilayah Allah SWT. Artinya hanya Allah sajalah yang bisa membimbing kita menuju kepada Allah SWT. Wilayah ust atau wilayah kyai hanya sebatas keilmuan saja untuk masalah hidayah yang dapat menuntun manusia bisa benar benar hadir di hadapan Allah hanya Allah sendiri. Ust atau kyai tidak dapat memberikan hidayah. Jangankan Ust atau Kyai rasulullah pun dalam batas wilayah hidayah sudah tidak bisa membuat paman Beliau masuk islam.

Maka jika kita murid, berguru kepada Allah bukan berarti meninggalkan Ust atau kyai atau mursyid atau bahkan Rasulullah, tapi kita ke Allah atas perintah atau ajaran ilmu yang telah ust atau kyai berikan sehingga ilmu dari para kyai dan ustad sedangkan utuk ke Allah kita harus benar benar ke Allah. Ingat..! bahwa Allah tidak mau di sekutukan dengan apapun termasuk tidak mau diskutukan dengan para guru mursyid, kyai atau ust atau bahkan rasulullah. Sekutu yang kita adakan akan membuat Allah tidak ridho dan ini akan menjadikan kita tidak akan pernah sampai kepada Allah.

Inilah ajaran Rasulullah yaitu untuk lurus ke Allah, untuk bergantung kepada Allah dan memohon kepada Allah hanya Beliaulah yang mengajarkan bukan yang lain.

jadi ada tahapnya kita berguru kepada manusia ada tahapnya kita harus berguru kepada Allah secara langsung tidak malalui perantara apapun. kalau kita paham dengan hal ini maka perjalanan kita ke Allah akan lancar dan berhasil tidak sesat dan tidak akan memakan waktu lama.

5 thoughts on “Berguru kepada Allah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *