Konsep berguru kepada Allah memang banyak menimbulkan pertanyaan dan mungkin sanggahan tapi coba kita cermati bahwa berguru kepada allah pada hakikatnya adalah berakhlak kepada Allah karena Dia lah yang menurunkan pemahaman dalam pikiran kita. maka jika kita berguru kepada Allah sebenarnya kita sangat menghormati Allah.
Konsep berguru kepada Allah mungkin agak sulit kita pahami , baiklah , kita menggunakan kalimat yang memudahkan kita, misalnya dengan bergurulah kepada Allah melalui ustad atau kyai, bergurulah kepada Allah melalui quran dan hadis, bergurulah kepada Allah melalui kehidupan ini. Nah kalimat kalimat diatas tentunya memudahkan kita dan saya berharap tidak menyanggah lagi tentang konsep berguru kepada Allah. Mengapa konsep berguru kepada Allah, karena Allahlah yang menurunkan hidayah, kalau kita belajar kepada ustad, kyai, atau melalui quran hadis tentang sabar maka akan diperoleh penjelasan tentang sabar , apa itu sabar, mengapa kita sabar, dan bagaimana kita bisa sabar tapi untuk bisa sabar ,untuk bisa melakukan sabar hanya berguru kepada Allahlah kita bisa sabar, selain Allah tidak ada yang dapat memberikan kekuatan sabar kepada kita sehingga kita bisa berbuat sabar. Padahal kita tahu bahwa tujuan kita mempelajari agama kan agar kita bisa menjalankan tidak hanya sekedar tahu, nah kekuatan itu kita dapatkan dari ilham ilham allah yang masuk dalam diri kita.
So…. Berguru lah kepada Allah, kembalikan ajaran islam kepada Allah bukan kepada yang selain Allah. Yang selain Allah tidak dapat memberikan hidayah yang bisa memberikan hanya Allah sang Penguasa tunggal. Jadi jangan menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun……