berguru kepada Ustad dan kepada Allah

Berguru kepada manusia mutlah diperlukan karena memang dalam belajar kita perlu hirarkhi yang jelas. Rasulullah saja meninggalkan Quran dan sunah rasulullah. Itu artinya bahwa dalam belajar agama kita tidak boleh lepas dari warisan ini. Nah yang mengajarkan warisan ini adalah Para Ustad, Kyai dan Guru. Ada satu rahasia yang tersembunyi ketika kita belajar kepada seorang ustad. Rahasia itu terletak kepada daya yang diturunkan Allah kepada guru tersebut.

Bagaimana cara mengetahui daya pada ustad atau guru tersebut? caranya adalah dengan melihat keihlasan dan totalitas guru tersebut dalam mengajarkan ilmunya. yang kedua adalah melihat spek atau keahlian khusus dari guru tersebut, semakin guru tersebut dengan satu bidang keahlian maka daya dari Allah akan semakin besar. maka benar bahwa kita harus belajar kepada ahlinya.

di dalam kita belajar kepada guru atau kepada ustad yang perlu kita perhatikan ada dua hal yaitu teori yang disampaikan  guru tersebut dan yang kedua adalah daya yang diberikan Allah kepada guru tersebut ketika beliau mengajar. perhatian terhadap kedua hal ini akan menimbulkan suatu manfaat yang besar.

contoh misalnya ketika kita diberi pelajaran tentang sabar oleh guru kita misalnya bagaimana sabar itu, apa ciri ciri sabar itu, dan tahap-tahap sabar…ketika guru menerangkan hal itu maka lihat daya yang ada ketika benar benar ada daya nya maka kita akan langsung mendapat sabar artinya yang bisa membuat kita sabar bukanlah ilmu dari guru tersebut tapi dari Allah, memang teori dari guru tapi yang bisa membuat kita sabar adalah Allah SWt.

maka dalam kita belajar, kita disunahkan untuk membaca doa sebelum belajar. ya Allah tambahkanlah ilmu dan berikan kami rejeki pemahaman. disini ada dua hal yaitu ilmu dan paham. kalau ilmu kita bisa mendapatkan dari guru tapi kalau paham ini merupakan rejeki yang diberikan kepada kita. ada orang yang tahu ilmunya tapi tidak paham, itu berarti bahwa di mendapatkan ilmu nya tapi tidak mendapatkan rejeki kefahaman.

tonton juga video youtube tentang hal ini http://youtu.be/Nl_YXyL2rTw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *