saya mendapatkan ceramah dari seorang ahli sufi yang menerangkan tentang berteman dan berguru. Sufi tersebut membahas buku karya ibn Athoillah. Dalam menjelaskan kitab tersebut, Sufi tersebut menerangkan bahwa carilah murid atau guru yang dapat mengajakmu “naik” ke Allah. Dalam uraiannya bahwa yang dimaksud naik itu adalah yang dapat mengangkat spiritualitas kita. Kalau guru tersebut dapat mengangkat spiritualitas kita berarti guru tersebut memang benar benar memiliki kekuatan spiritual yang lebih dan dapat mengajarkan kepada orang lain.

Ketika saya mendengarkan cerama Ahli Sufi tersebut dalam menjelaskan kitab al Hikam, saya langsung terkoneksi dengan guru saya dan panutan saya Yang Dirahmati Allah Ust Abu Sangkan, Saya merasakan sendiri ketika saya bersama beliau spiritualitas saya terasa meningkat. Ketika saya berguru dengan beliau selama kurang lebih 12 tahun, saya merasakan bahwa saya benar benar merasa (subjektif) dekat dengan Allah. Dan saya mendapatkan banyak pencerahan spiritual dan pencerahan dalam hidup saya.

Saya merasa tidak salah pilih untuk menjadikan Ust Abu Sangkan sebagai guru spiritual saya, meski beliau selalu menganggap bahwa diri beliau adalah kawan seperjalanan (sahabat). Untuk itu, karena saya sudah membuktikan tentang guru saya ust Abu Sangkan maka saya mengajak kepada saudara ku untuk bersama-sama berguru kepada beliau. Tidak harus bertemu langsung, jika memang berhalangan. Saudaraku bisa menggunakan Buku karya beliau, CD CD yang beliau hasilkan, rekaman rekaman ceramah beliau, atau kirim fatihah kepada beliau insya Allah aliran spiritual beliau akan mengajak kita untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah.