bermain dengan hukum fiqh

yang namanya hukum terantung dari yang mbuat, sampai hukum agamapun bisa buat untuk kepentingan tertentu, misalnya muhrim, kalau haji atau umrah tidak ada muhrim maka secra hukum tidak diperbolehkan, permainannya : cukup dengan surat muhrim yang di buat pemerintah setempat bisa jadi muhrim. KB yang dulu haram lambat laun jadi nggak jelas ststusnya, menjadi nasabah bank yang dulunya haram sekarang juga nggak jelas statusnya.
isu terakhir yang menarik kyai gus dur yang mengajak golput mau di haramkan oleh ustad hidayat nurwachid… nah kenyataan ini memahaman saya sebagai orang yg awam agama bahwa hukum islam dapat di rubah sesuai keinginan.
semoga allah meridloi keinginan keinginan kita amiin

0 thoughts on “bermain dengan hukum fiqh

  1. ya memang sejak dulu , kebimbangan umat diakibatkan hukum selalu diotak-atik untuk kepentingan sesaat oleh penguasa. Runtuhnya dinasti umayah dan dinasti abasyiah juga karena persoalan yang sama.
    Kalau saya sih , pemerintah, MUI , Gus Dur,menteri agama dan segala macamnya nggak ada urusannya dengan ibadah saya . Mereka mau ngoceh apapun bagi saya mereka itu kosong , nggak ada apa-apanya. Gak ada artinya sama sekali orang-orang itu, Jadi ya biarkan saja kita jalani hidup masing-masing.

    (Soleh Hadi )

  2. apalagi kalo udah menyangkut soal politik, waduh.. kayak kasus pemilihan gub jatim antara 2 tokoh nu itu, khafifah dan syaifullah yusuf. Mentang2 punya kenalan kyai, masing2 bisa pesan ke kyai2nya untuk bikin fatwa untuk mendukungnya, untuk mempengaruhi umatnya..

    • ya jahatnya politikus itu kalau sudah menggunakan fiqh untuk kepentingan dirinya lebih jahat lagi kyai yang menggunakan hukum fiqh yang mengutak atik fiqh untuk kebutuhan orang yang membayarnya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *