berniat bukan membaca niat

orang seling berselisih paham tentang apakah niat wajib dibaca atau tidak. sebenarnya niat adalah bukan bacaan atau tulisan yang yang harus kita lafadkan ketika akan sholat, niat adalah gerak hati yang menyertai setiap perbuatan.

setiap perbuatan pasti ada niatnya, nah niat yang diberi ganjaran atau pahala dari allah adalah niat yang lilahi taala.. artinya niat yang karena Allah. niat yang bukan karena Allah tidak akan mendapatkan pahala.
niat yang karena menjalankan syariat pun bisa tidak mendatangkan apa apa, artinya jika niat kita berhenti pada menjalankan syariat dan tidak berlanjut karena Allah. kadang dan mungkin banyak dari kita menjalankan agama karena agama itu sendiri bukan karena Allah, misalnya kita menjalankan sholat, kita sholat karena kewajiban syariat untuk sholat bukan karena Allah.
maka niat sebaiknya kita lakukan untuk mengingatkan gerak hati kita agar niat karena ALlah bukan karena syariat.
pada bulan puasa ini nanti kita juga diingatkan untuk berniat nawaitu shouma……(dst) …. lillahi taala di akhir niat puasa kita juga membaca niat karena Allah. jangan kita berpuasa karena memenuhi kewajiban atau karena syariat…
maka sebaiknya bacaan niat kita baca seblum sholat, namun dengan catatan ketika kita membaca lillahi taala kita benar benar ke Allah dan mempertahankan ke allah dari mulai awal kita niat hingga kita selesai sholat, sekali lagi nilai sholat kita di depan Allah sangat di tentukan oleh niat ihlas kita karna Allah. semoga kita diberikan kemudahan oleh ALlah dalam menjalankan sholat dan puasa ini dengan niat yang ihlas karena Allah . amin

0 thoughts on “berniat bukan membaca niat

    • sila Pak fuad, semoga Allah melimpahkan rahmat karunia karena telah menyebarkan kebaikan.salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *