berniat dalam sholat

coba kita amati ketika kita menggelngkan kepala …. untuk menyatakan tidak mau… amati baik baik..

1. lebih dulu mana ? tidak maunya, atau geleng geleng keplanya?

2. amati juga ini yang terpenting… berapa lama jarak waktu nya antara ‘tidak mau’ dengan geleng geleng kepala…

pemahaman ini sangat penting terkait dengan niat dalam bacaan dan gerakan sholat. untuk jawaban pertama mestinya kan lebih dulu ‘tidak maunya’ , inilah yang dinamakan niat, jadi geleng geleng kepala mengikuti bahasa jiwa ‘tidak mau’ geleng geleng kepala ini merupakan suatu perbuatan yang disengaja yaitu bahwa saya tidak mau.

berkaitan dengan jarak waktu nya pada pertanyaan kedua.. kalau kita amati maka hampir hampir antara tidak mau dan geleng kepala munculnya bersamaan.. hampir hampir tidak ada delay…. dikatakan hampir karena sebenarnya lebih dulu tidak maunya..dari pada geleng geleng kepala.. inilah niat yaitu sesuatu yang mengiringi perbuatan. kalau ada delay nya… dikatakan belum niat. misalnya niat minum…1 menit kemudian minum.. makadikatakan bahwa niat tersebut belumlah niat yang sebenarnya. niat yang sebenarnya adalah niat yang selalu dan selalu diiringi dengan perbuatan, atau disertai dengan perbuatan.

di dalam sholatpun demikian segala perbuatan sholat baik bacaan dan gerakan harus dengan niat. maka perlu sekali kita mempelajari dan memahami arti bacaan dan  gerakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *